Krisis ekonomi dunia, pemerintah janjikan terobosan baru

Reporter : Saugy Riyandi | Jumat, 9 Agustus 2013 12:52
Krisis ekonomi dunia, pemerintah janjikan terobosan baru
pembangunan apartemen. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kondisi perekonomian dunia yang tak kunjung membaik akibat ketidakpastian di negara-negara Eropa, berimbas langsung ke pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diakui mengalami melambat.

Meski pesimis target pertumbuhan ekonomi bisa tercapai, pemerintah tetap dituntut melakukan berbagai terobosan untuk bisa mendekati target pertumbuhan ekonomi yang dipatok 6,3 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2013.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, tidak ada pilihan lain. Pemerintah harus kreatif menyiasati agar Indonesia tetap bisa tumbuh sesuai dengan target APBNP 2013. Menurut dia, ada tiga hal yang akan dilakukan pemerintah guna mencapai pertumbuhan ekonomi tersebut.

"Pertama adalah menjaga konsumsi masyarakat agar inflasi tetap terkendali," ujar dia di Jakarta, Jumat (9/8).

Kemudian, lanjut dia, pemerintah akan melakukan terobosan dalam berinvestasi dengan mempermudah investor untuk menanamkan investasi di Indonesia.

"Investasi sudah di depan mata, perizinan akan dilonggarkan. Selain bisa mendukung pertumbuhan ekonomi, agar banyak membuka lapangan kerja," kata dia.

Terakhir, penyerapan belanja negara yang lebih cepat dan tepat sasaran untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. "Yang ketiga yaitu APBN, harus tepat sasaran jangan sampai dikorupsi, jangan sampai lambat pengerjaannya," tegasnya.

[noe]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Ekonomi Indonesia

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE