KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Ekonomi tengah positif, Semen Baturaja tambah kapasitas produksi

Rabu, 29 Mei 2013 13:04 Reporter : Novita Intan Sari
Semen. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - PT Semen Baturaja (Persero) Tbk terus mengembangkan investasi perseroan sejalan dengan kondisi makro ekonomi yang tengah berkembang. Di semester II nanti perseroan akan menambah kapasitas produksi sebesar 750 ribu ton per tahun seiring dengan penyelesaian proyek cement mill senilai Rp 350 miliar.

"Pertumbuhan industri semen yang berkembang pesat sangat didukung oleh kondisi ekonomi dan investasi yang baik, tingkat inflasi dan suku bunga yang lebih rendah, juga kebijakan pemerintah yang fokus mengembangkan infrastruktur dengan anggaran terus meningkat," Direktur Utama Semen Baturaja, Pamudji Rahardjo usai konferensi pers Semen Baturaja di The Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (29/5).

Dia menambahkan, dalam tiga tahun terakhir pertumbuhan industri infrastruktur mencapai 14 persen. Sedangkan sektor konstruksi memiliki pertumbuhan 6,7 persen sampai 8,5 persen dalam lima tahun terakhir.

"Dengan rencana pemerintah dalam pengembangan jalan tol merupakan salah satu faktor pendukung untuk permintaan semen," jelas dia.

Menurutnya, proyek ruas jalan tol di Pulau Sumatera, khususnya proyek jalan tol Palembang-Indralaya menjadi fokus perseroan. Pasalnya, ini akan berpengaruh kepada kenaikan permintaan semen dan aksesnya.

Di sisi lain, perseroan juga merencanakan pengembangan pabrik baru sehingga akan menambah output perseroan sebesar 1,85 juta ton per tahun dengan nilai investasi sebesar Rp 2,65 triliun.

Tercatat, Semen Baturaja saat ini memiliki 3 pabrik yang mempunyai kapasitas terpasang produksi sebesar 1,25 juta ton semen per tahun. Pangsa pasar Perseroan memiliki posisi tertinggi di Sumatera Selatan dengan pangsa pasar sebesar 48. Perseroan juga merupakan salah satu pemasok semen terkemuka di Lampung dengan pangsa pasar sebesar 28 persen. [bmo]

Topik berita Terkait:
  1. Semen Baturaja
  2. Ekonomi Indonesia

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.