Ekonomi Melambat, Bank Indonesia Pangkas Suku Bunga Acuan

Kamis, 19 September 2019 14:33 Reporter : Merdeka
Ekonomi Melambat, Bank Indonesia Pangkas Suku Bunga Acuan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau Bank Indonesia (BI) 7-day Reverse Repo Rate menjadi 5,25 persen di September 2019. Namun, BI menahan suku bunga Deposit Facility pada angka 4,5 persen dan Lending Facility 6 persen.

"Rapat Dewan Gubernur BI pada 18-19 September 2019 memutuskan untuk menurunkan BI 7-day repo rate," ujar Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, di Kantor BI, Jakarta, Kamis (19/9).

Penurunan suku bunga sejalan dengan kondisi perekonomian global yang melambat sehingga perlu melakukan stimulus fiskal dengan pelonggaran kebijakan moneter.

"Ketegangan perang dagang AS-China terus menekan perekonomian dunia dan ketidakpastian global tetap tinggi. Ini berimplikasi pada semakin menurunkannya volume perdagangan dan ekonomi dunia. Ekonomi Amerika Serikat juga mengalami perlambatan," ujarnya.

Adapun keputusan penurunan suka bunga BI sejalan dengan prediksi Ekonom Bank Permata Josua Pardede yang memperkirakan sebaiknya ditetapkan penurunan suku bunga sebesar 25 basis point (bps).

"Mempertimbangkan tingkat inflasi yang terkendali, stabilnya nilai tukar rupiah dan perbaikan defisit transaksi berjalan, maka ruang pelonggaran kebijakan moneter terbuka," ujarnya.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini