Ekonomi Indonesia Berpeluang Tumbuh Lebih Baik Dibanding Negara Lain Pada 2021

Rabu, 18 November 2020 17:21 Reporter : Sulaeman
Ekonomi Indonesia Berpeluang Tumbuh Lebih Baik Dibanding Negara Lain Pada 2021 pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Ekonom sekaligus pendiri Center of Reform on Economics (Core), Hendri Saparini optimis ekonomi Indonesia berpeluang untuk pulih lebih baik pada 2021 dibandingkan negara lain.

Sebab, ekonomi nasional mempunyai keunikan struktur tersendiri yang dinilai mampu menjadi bantalan di situasi sulit akibat pandemi Covid-19.

"Memang ekonomi global masih belum pasti. Namun dengan keunikan struktur ekonomi kita jauh bisa pulih lebih baik dibanding negara lain. Data menunjukkan mulai mengalami perbaikan pada kuartal III 2020. Ini menjadi harapan, karena indikator yang positif, meski sangat dini," kata Hendri dalam dalam dalam webinar bertajuk "CORE ECONOMIC OUTLOOK 2021," Rabu (18/11).

Hendri mengatakan, keunikan pertama ialah struktur ekonomi Indonesia masih bergantung konsumsi rumah tangga mencapai 58 persen. Sehingga pasar domestik berperan lebih menentukan kesuksesan pertumbuhan ekonomi.

"Nah ini (konsumsi rumah tangga) bisa kita jaga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih," imbuh dia.

Kedua, ketergantungan ekonomi nasional akan perdagangan internasional (internasional trade) masih rendah. Alhasil produk domestik bruto (PDB) nasional tidak hanya bergantung pada kinerja perdagangan internasional.

"Sehingga dua faktor ini yang memungkinkan kita bisa pulih lebih baik pada 2021," paparnya.

Baca Selanjutnya: Struktur Pasar...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini