Ekonomi Digital Indonesia Berpotensi Capai USD124 Miliar di 2025

Jumat, 23 April 2021 13:35 Reporter : Dwi Aditya Putra
Ekonomi Digital Indonesia Berpotensi Capai USD124 Miliar di 2025 Sri Mulyani. ©Instagram Sri Mulyani

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebut ekonomi digital Indonesia memiliki potensi yang cukup besar. Bahkan berdasarkan studi dari Google, Temasek dan Bain & Company ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai USD124 miliar di 2025.

"Dari 44 miliar dolar AS (pada 2020) bisa meningkat menjadi 124 miliar dolar AS ini adalah sesuatu potensi yang luar biasa. Artinya tiga kali lipat potensi ekonomi bisa meningkat dengan adanya infrastruktur digital," katanya dalam acara Perempuan Penggerak Ekonomi di Masa Pandemi, Jumat (23/4).

Bendahara Negara itu mengatakan, potensi yang mencapai sebesar USD124 miliar itu dapat diraih apabila Indonesia mampu membangun infrastruktur digital dan mengembangkan ekonomi digital sendiri.

Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong pembangunan infrastruktur digital terutama dengan adanya pandemi Covid-19 karena seluruh kegiatan masyarakat pindah kepada platform digital.

Adapun untuk mendorong pemenuhan kebutuhan internet di wilayah Indonesia, tahun ini pemerintah berencana membangun menara Base Transceiver Station (BTS) atau menara pengirim sinyal di 5.053 desa.

Pemerintah juga menargetkan akan membuka akses internet di 12.077 titik tahun ini. Bersamaan dengan itu, pemerintah juga akan memberikan literasi digital bagi 295.000 orang.

"Maka pemerintah pada 2021 menyediakan anggaran meningkat yang cukup signifikan," ujarnya.

Sebelumnya pada 2016, pemerintah juga sudah menandatangi kerja sama Palapa Ring senilai Rp7,6 triliun. Kerja sama ini untuk penyediaan jaringan backbone kabel bawah laut dan komunikasi serat optik sepanjang 36.000 Kilometer (Km). [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini