Perjuangan tiga tokoh di Indonesia, hidup susah hingga jadi orang sukses

Senin, 26 Maret 2018 07:14 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Perjuangan tiga tokoh di Indonesia, hidup susah hingga jadi orang sukses Chairul Tanjung . REUTERS / Beawiharta

Merdeka.com - Banyak orang bilang nasib hidup bisa berubah. Kalimat itu benar. Meski terlahir dari keluarga sederhana jika kita terus berusaha dan bekerja keras, kesuksesan tentu akan datang.

Seperti orang-orang berikut ini. Sebelum sukses, mereka pernah merasakan hidup susah. Jika melihat kesuksesan saat ini, tak akan ada yang menyangka kisah hidup mereka dulu. Siapakah mereka?

1. Chairul Tanjung

Mungkin banyak yang belum tahu kalau Chairul Tanjung (CT) pernah merasakan pahitnya kehidupan. Di mana saat itu ayahnya bangkrut dari usahanya, sehingga mengharuskan CT dan keluarga tinggal di sebuah kontrakan.

Mengetahui ekonomi keluarga sulit, bos media yang punya julukan 'si anak singkong' itu mulai memutar otak untuk membantu keluarga. Akhirnya dia mencoba peruntungan dengan membuka segala macam usaha.

Meski awalnya mengalami jatuh bangun, namun dengan ketekunan dan kerja keras dia mencapai kesuksesan. Sampai saat ini CT merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia.

1 dari 2 halaman

Dahlan Iskan

Dahlan Iskan. ©2013 Merdeka.com/M. Luthfi Rahman

Kisah hidup Dahlan Iskan cukup mengharukan. Ketika masih kecil, dia benar-benar hidup susah. Percaya atau tidak, mantan Menteri BUMN itu hanya memiliki baju satu stel yaitu kaos dan celana serta satu sarung. Bahkan saat sekolah Dahlan tidak mempunyai sepatu.

Namun nasib berkata lain, pada tahun 1976 Dahlan mulai berkarier. Dari situ lah dewi fortuna menghampirinya. Dia diangkat sebagai kepala biro Tempo Jawa Timur.

Seiring berjalannya waktu, karier Dahlan terus merangkak. Dia menjadi bos media dan juga pernah mengisi kursi di pemerintahan Indonesia.

2 dari 2 halaman

Ciputra

Ciputra. ciputra.com

Siapa sangka pengusaha properti, Ciputra, dulunya hidup sangat sederhana. Di usia 12 tahun, Ciputra yang nama aslinya Tjie Tjin Hoa sudah ditinggal meninggal oleh ayahnya. Sejak saat itu demi menyambung hidup, dia turut membantu sang ibu berjualan kue.

Menjalani hidup dengan penuh kekurangan, membuat Ciputra bertekad untuk mengubah nasib. Dia kemudian merantau dan bersekolah di pulau Jawa. Setelah itu Ciputra mengadu peruntungan ke Jakarta.

Hingga akhirnya dengan proses yang panjang dan penuh kerja keras, Ciputra berhasil menjadi pengusaha properti yang sukses. Dia juga menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. [did]

Baca juga:
Rela mati demi selamatkan nyawa lain, orang-orang ini dijuluki pahlawan
Mengintip rahasia sukses Elon Musk, pendiri Tesla
Pasha Jr, sang drummer cilik yang hentak car free day di Banda Aceh
Langkah tegar sang tuna daksa
Keterbatasan fisik tak halangi Fahmi raih juara desain mobil listrik
Pria lumpuh ini bertekad daki Everest dengan kursi roda

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini