Dukung Produk Lokal, Tokopedia Hanya Terima Penjual Online Asal Indonesia

Jumat, 4 Juni 2021 15:55 Reporter : Sulaeman
Dukung Produk Lokal, Tokopedia Hanya Terima Penjual Online Asal Indonesia Tokopedia. ©2018 Tokopedia

Merdeka.com - Tokopedia hanya menerima mitra penjual online asal dalam negeri dan hanya memfasilitasi transaksi dari Indonesia untuk mendukung kebangkitan produk lokal. Hal ini sekaligus merespon keluhan sejumlah pihak atas dominasi produk impor yang diperjualbelikan di sejumlah e-commerce domestik.

"Sekali lagi, kami ingin menekankan bahwa Tokopedia hanya menerima penjual asal Indonesia dan memfasilitasi transaksi dari Indonesia untuk Indonesia. Artinya, 100 persen penjual di Tokopedia berdomisili di Indonesia," ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya saat dihubungi Merdeka.com, Jumat (4/6).

Dia mengungkapkan, model bisnis Tokopedia adalah marketplace domestik. Sehingga, platform tidak memungkinkan adanya aktivitas penjualan produk impor langsung. "Yang bisa kami sampaikan adalah produk yang dijual di Tokopedia sudah berada di Indonesia dan/atau sudah melalui proses bea cukai dari distributor dan dijual kembali oleh pedagang eceran," jelasnya.

Berkaitan dengan profil penjual, e-commerce hijau ini mencatatkan lebih dari 11 juta mitra penjual online yang tergabung di Tokopedia. Di mana jumlah penjual online domestik hampir mencapai 100 persen.

"Bahkan, 94 persennya penjual berskala ultra mikro. Artinya ada peningkatan sebesar lebih dari 3,8 juta dari 7,2 juta penjual sejak sebelum pandemi Januari 2020 lalu," terangnya.

Tokopedia senantiasa mendukung kebangkitan UMKM lokal, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Adapun sejumlah inisiatif yang telah dikerjakan ialah menggelar kampanye #JagaEkonomiIndonesia dan mendukung Program Bangga Buatan Indonesia, yang berfokus memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus ke luar rumah, menjaga kelangsungan bisnis para penjual khususnya para UMKM lokal, sekaligus turut mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.

Baca Selanjutnya: Selain #JagaEkonomiIndonesia Tokopedia juga telah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini