Dua Tol di Jabodetabek Operasi Fungsional saat Lebaran, Tapi Tak Bisa Dipakai Mudik

Senin, 12 April 2021 13:00 Reporter : Merdeka
Dua Tol di Jabodetabek Operasi Fungsional saat Lebaran, Tapi Tak Bisa Dipakai Mudik Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengoperasikan secara fungsional dua ruas tol di Jabodetabek saat Lebaran 2021, yakni Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2 dan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1.

Kepala BPJT, Danang Parikesit mengonfirmasi jika kedua ruas tol tersebut bisa dilalui secara gratis pada saat Lebaran Idul Fitri 2021 nanti.

"Yang akan operasional tahun ini kita harapkan itu yang di Cimanggis-Cibitung dan Cimanggis-Cilincing. Cimanggis-Cibitung yang Seksi 2, kemudian Cibitung-Cilincing Seksi 1. Kemungkinan bisa kita mulai fungsionalkan sekarang ini untuk Lebaran," ujarnya di Km 10A Tol Jakarta-Cikampek, Senin (12/4).

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,21 km sendiri terdiri dua seksi, yakni Seksi IA (Junction Cimanggis On/Off Ramp Jatikarya) yang sudah beroperasi, dan Seksi II (On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung) yang masih dalam tahap konstruksi.

Proyek ini dibawahi oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), dengan nilai investasi Rp4,52 triliun.

Sementara Tol Cibitung-Cilincing terdiri dari empat seksi, yakni Seksi 1 SS Cibitung-Gabus Indah, Seksi 2 Gabus Indah-Muara Bakti, Seksi 3 Muara Bakti-Banjir Kanal Timur, Seksi 4 Kanal Banjir Timur-Cilincing.

Ruas tol dengan total panjang 34,01 km ini dikelola oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Saya dengan total investasi Rp 4,22 triliun.

Baca Selanjutnya: Tak Bisa Dipakai untuk Mudik...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tol
  3. Kementerian PUPR
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini