DPR tuntut aturan intip data rekening nasabah genjot Tax Ratio

Senin, 17 Juli 2017 16:58 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Ilustrasi Anggota DPR MPR. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Anggota Komisi XI DPR RI Amir Uskara mengatakan penerapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 tentang akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan harus berdampak pada peningkatan rasio pajak terhadap Produk Domestik Bruto (Tax Ratio) di Indonesia.

"Kita berharap bisa sampai 5 persen, sehingga pembuatan UU ini hasilnya signifikan. Kalau nanti kenaikannya tidak signifikan, kita jadi ragu jangan sampai UU yang kita buat justru menguntungkan negara lain," ungkap Amir usai rapat Komisi XI dengan Menteri Keuangan di DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (17/7).

Dia pun meminta agar pemerintah dapat membahas setiap aturan turunan dari Perppu bersama dengan DPR. "Kita harap setiap aturan turunan kita dikonsultasikan dengan DPR agar sesuai dengan UU dan supaya kita bisa jelaskan ke konstituen," kata Amir.

Sementara itu, Ketua Komisi XI DPR RI, Melchias Markus Mekeng mengatakan saat ini tentunya pengajuan dari Kementerian Keuangan sedang dibahas di masing-masing fraksi. Setelah itu, fraksi akan memberikan catatan-catatan yang diperlukan demi efektivitas peraturan tersebut.

"Kita lagi mau bahas, saya rasa setiap fraksi punya catatan. Catatan itu kita minta supaya kita coba buat lebih smooth (lembut) sehingga Wajib Pajak tidak merasa terancam," pungkasnya.

[sau]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.