DPR Minta BKPM Perkuat Investasi Kimia Dasar agar RI Tak Impor Obat

Kamis, 23 April 2020 14:36 Reporter : Anggun P. Situmorang
DPR Minta BKPM Perkuat Investasi Kimia Dasar agar RI Tak Impor Obat gedung BKPM. Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Anggota Komisi VII DPR, Adisatrya Suryo Sulisto, meminta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memperkuat industri kimia dasar dalam negeri. Hal tersebut perlu dilakukan agar Indonesia tak bergantung pada impor obat.

Dia mengatakan, selama ini masalah Indonesia dalam produksi obat adalah industri kimia dasar yang belum mumpuni. Kondisi tersebut juga membuat Indonesia harus mengimpor obat saat pandemi Virus Corona.

"Ini perlu jadi prioritas membangun industri kita. Kita tidak punya industri dasar kimia untuk mendukung bahan baku industri kesehatan," ujar Adisatrya saat melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan BKPM, Jakarta, Kamis (23/4).

"Sehingga perlu diprioritaskan, BKPM memperkuat industri dasar sehingga tidak tergantung bahan baku impor sehingga bisa produksi obat-obatan dan vitamin sendiri," sambungnya.

Dia melanjutkan, pandemi Covid-19 menjadi pembelajaran bagi semua pihak terutama industri kesehatan. "Pandemi Covid-19 masih tergantung bahan baku impor terutama kesehatan. Ini jadi pelajaran untuk buat struktur investasi dan industri ke depan," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Bangun Perubahan Investasi

investasi rev1

Dia menambahkan, usai pandemi Covid-19 BKPM juga harus berani mengambil sikap membangun perubahan investasi di sektor kesehatan. Dia menilai selama ini, pemerintah hanya sibuk membenahi industri bidang transportasi dan rumah tangga.

"Harus berani membangun perubahan di sektor kesehatan. Sektor dominan investasi masih di bidang transportasi, rumah tangga dan lain lain. Kami sarankan pendekatan tematik diambil dengan kebijakan mengarah ke sektor tertentu, yang menjadi target atau strategi nasional," tandasnya. [idr]

Baca juga:
Anggaran Disunat Sri Mulyani Rp 191 M, BKPM Tarik Perwakilan di 9 Negara
Bos BKPM Desak Perusahaan Tetap Bayar Gaji Pekerja yang Dirumahkan
Skenario BKPM: Realisasi Investasi Hanya Rp817 T Jika Pandemi Corona Berkepanjangan
Investasi Naik 8 %, Bos BKPM Prediksi Ekonomi Tumbuh 4,7 % di Triwulan 1-2020
Ditopang Modal Domestik, Investasi Tumbuh 8 Persen di Tengah Pandemi Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini