DPR Akui Ada Wacana Minta OJK Dibubarkan dan Pengawasan Kembali ke BI

Rabu, 22 Januari 2020 12:58 Reporter : Wilfridus Setu Embu
DPR Akui Ada Wacana Minta OJK Dibubarkan dan Pengawasan Kembali ke BI OJK. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengakui ada wacana tugas dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dikembalikan ke Bank Indonesia. Meskipun demikian, dia tidak membeberkan secara jelas dari mana wacana itu berasal.

"Jadi ada beberapa pendapat bahwa karena banyak perkara-perkara di bawah pengawasan OJK, itu ada wacana minta OJK semacam dibubarkan begitu," kata dia di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (22/1).

Namun, jika wewenang dikembalikan ke Bank Sentral, tentu yang harus diperhatikan adalah lembaga keuangan non-bank. "Tapi kita pikir kalau semua diberikan kepada BI tentu ada juga beberapa hal yang bukan perbankan," ujar dia.

Menanggapi wacana tersebut, Komisi XI bakal menggelar rapat dengan OJK. Dalam rapat yang digelar tertutup itu, Komisi XI bakal mendalami dan melakukan evaluasi terhadap kinerja pengawasan OJK.

"Hari ini ada rapat tertutup suratnya saya yang tanda tangan, meminta kepada Komisi XI untuk melakukan evaluasi secara terbuka dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, sehingga kami akan dapat masukan yang komprehensif untuk menjadi masukan," jelas dia.

"Karena ini tuntutan menghentikan OJK itu juga sangat kencang. Dan itu nanti aspirasi akan ke DPR lagi sehingga kita bisa jawab," tandas Dasco.

Baca Selanjutnya: Tanggapan Sri Mulyani...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini