Dorong Kesejahteraan Nelayan, Startup Ini Hadirkan Teknologi Permudah Tangkap Ikan

Jumat, 28 Agustus 2020 17:29 Reporter : Siti Nur Azzura
Dorong Kesejahteraan Nelayan, Startup Ini Hadirkan Teknologi Permudah Tangkap Ikan nelayan. shutterstock

Merdeka.com - Telkomsel melalui salah satu startup binaannya, Fish On menghadirkan teknologi yang mampu memudahkan kehidupan, termasuk kelompok nelayan. CEO FishOn Fajar Widisasono mengatakan, rencana roadmap ke depan mendukung ekonomi nelayan yakni membuka layanan di wilayah pesisir Jabar-Banten. Kemudian mengundang kepala daerah untuk melakukan study banding.

"Diharapkan semua kepala daerah pesisir berminat dan melakukan implementasi mandiri di daerah yang dipimpinnya," ujar Fajar, Jumat (28/8).

Fish On memberikan kemudahan kepada nelayan. Pihaknya memberikan modal, teknologi untuk memantau posisi ikan, hingga pemasaran hasil tangkap. Kemudian, network Connectivity untuk nelayan di laut, tempat pelelangan ikan dan koperasi. Fish On pun terus melakukan edukasi ke nelayan, seputar manfaat dan penerapan teknologi yang sedang dikembangkan.

Diharapkan akan mampu diimplementasikan penuh dalam beberapa bulan ke depan. Nantinya, diharapkan terbangun ekosistem end-to end agar para nelayan punya koperasi sendiri dan dalam melakukan transaksi, menggunakan metode pembayaran secara nontunai.

Fajar menjelaskan, tujuan utama memberikan dukungan kepada nelayan ini sekaligus ingin menciptakan cashless society di kawasan pesisir. Termasuk mendorong pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi hasil tangkap serta meningkatkan harga jual di tingkat nelayan.

Mengingat, potensi kekayaan laut Indonesia sangat besar. Menurut hitungan UNDP mencapai USD2,5 triliun per tahun. Saat ini baru dapat dimanfaatkan sebesar 7 persen. Dia berharap, apa yang sudah dijalankan Fish On, dengan dukungan Telkomsel, juga didukung banyak pihak terutama dari pemerintah.

"Dukungan yang diharapkan dari pemerintah adalah mendorong agar setiap kepala daerah bersedia menduplikasi konsep digitalisasi nelayan fishOn yang telah dilakukan di Kabupaten Sukabumi dan saat ini sedang diterapkan di Pandeglang bersama Telkomsel," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Dukungan

FishOn mengembangkan ekosistem digital untuk nelayan yang terdiri dari perangkat, konektivitas, aplikasi, dan platform. FishOn berusaha memberikan solusi mulai dari lokasi untuk menangkap ikan, menjaga kualitas tangkapan, hingga memberikan akses permodalan ke para nelayan.

Fish On membantu nelayan mulai dari memberikan petunjuk lokasi ikan, memberi teknologi agar ikan tidak mudah membusuk tanpa bahan kimia dan mesin pembeku, membantu menjual hasil tangkapan nelayan, hingga membantu akses pemodalan nelayan. FishOn juga melakukan sosialisasi agar nelayan mengisi log book di setiap daerah tangkapan untuk memudahkan FishOn menjaga kelestarian ikan dan menghindari over fishing.

Setelah di darat, ikan di terima oleh koperasi nelayan dipisah dan ditimbang sesuai jenis dan beratnya lalu dimasukkan ke sistem lelang online. Jadi pedagang ikan di luar ekosistem FishOn bisa ikut membeli ikan member FishOn dengan harga yang fair bagi nelayan. Skema lelang ini diharapkan akan menguntungkan semua pihak, terutama nelayan karena bisa mencapai harga terbaik. [azz]

Baca juga:
Menteri Sri Mulyani Ungkap Strategi Pemerintah Jaga Kesejahteraan Nelayan dan Petani
Bantu Nelayan yang Terdampak Corona, Kemendag dan KKP Luncurkan SRG Ikan Laut
Banyak Syarat Berbelit, Nelayan Kerap Sulit Urus Permodalan ke Bank
Terombang-Ambing di Laut, Tiga Nelayan Ditemukan Selamat
KKP Luncurkan Buku Besar Maritim dan Aplikasi Bank Genetik Ikan Indonesia
Edhy Prabowo Ingin Sekolah Perikanan Bisa Terima Anak Nelayan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini