Dorong Kemandirian UMKM, Menteri Rini Resmikan Rumah Kreatif BUMN Peruri di Karawang

Selasa, 9 April 2019 15:12 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Dorong Kemandirian UMKM, Menteri Rini Resmikan Rumah Kreatif BUMN Peruri di Karawang Menteri Rini Resmikan Rumah Kreatif BUMN Peruri di Karawang. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno meresmikan salah satu Rumah Kreatif BUMN milik Perum Peruri. Rumah Kreatif Karawang (RKK) tersebut berlokasi di Jalan Raya Teluk Jambe, Kabupaten Karawang dan memiliki tujuan untuk mendorong kemandirian dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) warga di sekitarnya.

Turut hadir dalam acara peresmian tersebut Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN RI Fajar Harry Sampurno, serta Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya.

Pendirian RKK yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN bertujuan untuk mendampingi dan membina para pelaku UMKM dalam hal pengelolaan usaha seperti peningkatan kompetensi sumber daya, pengelolaan keuangan, permodalan, segmentasi dan target pasar, proses produksi dan total quality management.

"Rumah kreatif ini BUMN dari sejak akhir 2016 kan kita banyak membina usaha mikro dan kecil, maupun yang dibina oleh BUMN karena kita ada program bina lingkungan dan kemitraan," kata Menteri Rini, di lokasi, Selasa (9/4).

Menteri Rini berharap, dengan adanya RKK tersebut, para pelaku UMKM akan memperoleh pembinaan yang lebih mendalam sehingga mereka bisa naik kelas. Baik dari segi kemampuan maupun penjualan.

"Dalam arti mereka bisa memasarkan lebih luas lagi bukan hanya di lingkungan mereka sendiri dan kemudian mereka bisa jual secara digital sehingga kemana-mana. Jadi kita tingkatkan kualitasnya mereka. Kalaupun ada pesanan-pesanan, mereka harus mampu," ujarnya.

Dalam kesempatan serupa, Dwina mengatakan pembangunan Rumah Kreatif BUMN Peruri ini merupakan komitmen perusahaan untuk menyukseskan program BUMN Hadir Untuk Negeri.

"Nantinya RKK ini dapat dijadikan tempat para pelaku UKM untuk belajar dan berdiskusi agar menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas. Mengingat Peruri memiliki kawasan produksi di Karawang maka fokus kami adalah memberdayakan para pelaku UMKM di Provinsi Jawa Barat," kata Dwina.

Dwina mengungkapkan, guna mendorong pelaku UMKM untuk 'go modern, go digital, go online', RKK telah menjalin sinergi dengan beberapa BUMN lainnya dalam hal pemusatan data dan aktivitas pembinaan mitra binaan BUMN di Rumah Kreatif Karawang.

Adapun BUMN yang bekerja sama dengan RKK yaitu Pertamina, Pos Indonesia, Telkom, Mandiri, BNI, BRI, BTN dan Pupuk Indonesia Holding Company.

"RKK terbagi menjadi beberapa zonasi, yaitu zona showcase UMKM, zona registrasi, zona analisis data UMKM, zona konsultasi dan quality control, zona belajar sendiri, zona digitalisasi dan e-commerce serta zona belajar dan berbagi." [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini