Dorong Industri Gunakan PLTS, Menteri Jonan Bakal Buat Aturan Baku

Kamis, 12 September 2019 16:22 Reporter : Merdeka
Dorong Industri Gunakan PLTS, Menteri Jonan Bakal Buat Aturan Baku PLTS. energytoday.com

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi terus mendorong sektor industri menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) guna memenuhi kebutuhan listrik. Ini merupakan salah satu cara mendorong pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengatakan, tenaga matahari merupakan sumber energi yang gratis dan mudah untuk mendapatkannya.

"Yang punya matahari siapa? nggak ada, jadi impor (dari luar bumi), kita impor tapi gratis," kata Jonan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/9).

Dengan mudahnya mendapat energi matahari‎ yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik, maka dirinya mendorong pembangunan PLTS di area industri, hal ini merupakan lanjutan dari kebijakan pembangunan PLTS di atap gedung.

"Makanya saya sangat dorong pembangunan pembangkit listrik tenaga surya yang diatap-atap itu, ini sekarang kita menyesuaikan bikin peraturan yang kondusif supaya industri mau membangun PLTS," ujarnya.

Menurut Jonan, hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendorong memperbanyak pembangunan PLTS untuk mengurangi polusi udara, untuk menunjang pembangunan PLTS di fasilitas industri Jonan akan menerbitkan peraturan baru.

"Ini arahan presiden harus bangun banyak lho, supaya mengurangi polusi dan sebagainya,‎ dalam peraturan menteri, kita menyesuaikan peraturan bahwa supaya industri mau memasang PLTS," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini