Dongkrak pertumbuhan ekonomi, ESDM bakal perpanjang rantai hilirisasi gas bumi

Kamis, 13 September 2018 13:53 Reporter : Supriatin
Dongkrak pertumbuhan ekonomi, ESDM bakal perpanjang rantai hilirisasi gas bumi Arcandra Tahar. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan pemerintah berencana memperpanjang rantai hilirisasi industri gas bumi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Ini forum dialog mengenai bagaimana usaha kita agar gas menjadi primeover untuk pertumbuhan ekonomi kita. Berbicara caranya memperpanjang rantai olahan gas ini," kata dia di Gedung Bina Graha, Jakarta, Kamis (13/9).

Guna memperpanjang hilirisasi industri gas bumi, sejumlah kementerian dan lembaga terkait akan merancang strategi yang terintegrasi. Strategi terintegrasi ini dipandang penting agar dalam implementasinya nanti seluruh sektor bisa dilibatkan untuk bekerja sama secara optimal.

"Sehingga pemanfaatan gas untuk industri bisa berikan nilai tambah yang maksimal untuk perekonomian kita," imbuhnya.

Pada rapat terbatas 24 Januari 2017 lalu, Presiden Joko Widodo meminta seluruh pemangku kepentingan agar memperhatikan bahwa gas bumi bukan semata-mata sebagai komoditas tetapi sebagai modal pembangunan yang memperkuat industri nasional di tanah air. Selain itu, pemanfaatan gas bumi harus berdampak kongkrit pada penciptaan nilai tambah bagi pengembangan industri hilir. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini