Dominasi PLTU Jadi Kendala Indonesia Capai Net Zero Emission

Kamis, 6 Oktober 2022 16:52 Reporter : Merdeka
Dominasi PLTU Jadi Kendala Indonesia Capai Net Zero Emission Pembangkit listrik. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Ketenagalistrikan, Telekomunikasi dan Informatika Kementerian PPN/Bappenas, Rachmat Mardiana menyebut, dominasi energi fosil jadi kendala Indonesia untuk capai Net Zero Emission (NZE). Dia menjelaskan, saat ini energi fosil batu bara menjadi pembangkit listrik utama yang menyumbangkan 73.000 megawatt atau sekitar 65 sampai 66 persen dari kebutuhan listrik di Indonesia.

"Pembangkit listrik yang menggunakan batu bara sudah memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap emisi,” katanya dalam virtual media briefing Indonesia Sustainable Energy Week, Kamis (6/10).

Sebelumnya dalam konvensi Paris Agreement, Indonesia berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen dengan usaha sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional di tahun 2030.

Untuk itu, Rachmat menekankan, perlunya percepatan transisi energi ke energi terbarukan khususnya dalam pembangkit listrik, jika ingin menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara NZE di tahun 2060 atau dipercepat.

"Ini sejalan dengan komitmen Indonesia dalam Paris Agreement untuk turunkan emisi,” ujarnya.

2 dari 2 halaman

Upaya Pemerintah

Rachmat menambahkan, saat ini pemerintah telah mengupayakan berbagai hal mulai dari penyusunan arah kebijakan, implementasi dari diversifikasi energi, pemanfaatan energi terbarukan dalam kanal listrik hingga upaya pengurangan dominasi batu bara secara perlahan.

Meski begitu, dia tidak menampik bahwa semua proses ini tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Tapi juga memerlukan keterlibatan dari pemangku kepentingan lain seperti praktisi dan akademis serta masyarakat secara inklusif.

"Internalisasi dari transisi energi dalam penyusun rencana pembangunan jangka panjang menjadi penting jika ingin NZE tercapai di 2060,” pungkasnya.

Reporter Magang: Hana Tiara Hanifah [idr]

Baca juga:
Pemerintah Dinilai Masih Setengah Hati Pensiunkan PLTU Batubara
PLTU Batubara Harus Segera Pensiun Agar PLN Tak Lagi Over Supply
Pemerintah Kembali Tunda Penerapan Pajak Karbon untuk PLTU Batubara
Aturan Baru, Jokowi Larang Pembangunan PLTU Baru
Menguji Dampak PLTU terhadap Kesehatan dan Pencemaran Lingkungan
Pertumbuhan Pembangunan PLTU Indonesia Disebut Tertinggi di Negara G20

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini