Diskon tarif tol mudik berlaku di waktu-waktu tertentu

Rabu, 23 Mei 2018 16:58 Reporter : Merdeka
Diskon tarif tol mudik berlaku di waktu-waktu tertentu pintu tol sidoarjo dibuka kembali. ©2018 Merdeka.com/Nanang Ichwan

Merdeka.com - Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) membuka kemungkinan bahwa keputusan diskon tarif tol saat mudik Lebaran 2018 nanti akan diumumkan pada pekan depan. Besaran diskon tol tersebut diperkirakan masih sekitar 10 persen.

"Saya harapkan tidak lebih dari minggu depan diumumin, supaya masyarakat bisa milih," ungkap Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto di Kantornya, Jakarta, Rabu (23/5).

Saat ditanya ruas tol mana saja yang akan diterapkan, dia menjawab, preferensinya tetap semua jalur termasuk tol dalam kota. Adapun secara waktu, menurutnya, itu akan dibedakan.

"Mungkin ruas tol yang sepi jadi ramai tidak apa-apa. Tapi kalau ruas tol yang sudah macet diterapin itu, kan nanti makin macet. Katakan prediksi puncak H-5. Supaya tidak macet di situ, jadi kita kasih (diskon tarif tol) mungkin H-6, H-7 atau H-4," tutur Arie.

Dia juga menyampaikan, pemangkasan tarif ini sifatnya sukarela dan layanan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Oleh karenanya, Bina Marga meminta BUJT untuk memberikan pelayanan terbaik dengan pemotongan harga semurah mungkin.

"Prinsipnya mereka semua setuju, hanya beda-beda waktunya karena tujuannya juga beda. Pertama, di tol ruas yang padat, diskon ini untuk membagi beban. Buat jalan tol yang baru ini jadi alat promosi," jelasnya.

Arie menambahkan, pihaknya telah menyepakati keputusan dari BUJT, dan tinggal menunggu kapan pengumuman pastinya akan dikeluarkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini