Dirut PLN Klaim Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik Sejak 2017

Jumat, 1 Juli 2022 17:06 Reporter : Merdeka
Dirut PLN Klaim Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik Sejak 2017 Erick Thohir Tunjuk Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN. ©Liputan6.com/Arief Rahman

Merdeka.com - PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) memberlakukan tarif listrik baru untuk 5 golongan pelanggan per 1 Juli 2022. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, perseroan sebelumnya belum pernah menaikan tarif listrik dalam 5 tahun terakhir.

"Sejak 2017 tidak pernah ada kenaikan tarif listrik untuk semua golongan," ujar Darmawan dalam sesi press conference di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (1/7).

Untuk pemberlakuan biaya terbaru ini, Darmawan menyatakan itu bukan kenaikan tarif. Tapi lebih kepada koreksi kebijakan pemerintah atas realokasi bantuan, yang tadinya diberikan kepada PLN untuk tarif listrik kepada program lain yang lebih prioritas.

"Jadi pemerintah kemarin melakukan koreksi. Sebenarnya itu bukan kenaikan tarif listrik, tapi memberlakukan automatic tarif adjusment bagi keluarga yang mampu, yaitu di atas 3.500 VA," ungkapnya.

"Arahan pemerintah dalam hal ini sangat jelas, bahwa apapun bentuk bantuan pemerintah baik itu subsidi maupun kompensasi secara filosofis haruslah tepat sasaran," kata Darmawan.

2 dari 2 halaman

Kompensasi Selisih Biaya

Darmawan menilai, pengenaan beban tarif listrik lebih untuk 5 golongan bertujuan untuk mengkompensasi selisih antara biaya pokok produksi dengan tarif listrik bagi keluarga yang mampu, yakni Rp 250 per kWh.

"Untuk itu, pemerintah memutuskan untuk merealokasikan tadinya bantuan pemerintah yang tidak tepat sasaran ini digunakan untuk membiayai program-program yang punya manfaat luas bagi seluruh masyarakat," tuturnya.

"Jadi itu lebih kekoreksi agar setiap tetes rupiah bantuan pemerintah harus lah tepat sasaran," tandas Darmawan.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Tarif Listrik Naik, BPS Proyeksi Inflasi Juli Berpotensi Meningkat
Hari ini, Tarif Listrik Resmi Naik dan Pembukaan Pendaftaran Beli Pertalite & Solar
Terungkap, Alasan Tarif Listrik Sektor Bisnis dan Industri Tak Ikut Naik Mulai 1 Juli
Tarif Listrik Indonesia Termurah Nomor 2 di ASEAN, Pertama Malaysia
Tarif Listrik Kembali Naik, Lakukan Tips Ini Agar Tagihan Tak Bengkak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini