Diresmikan Jokowi, Lampung-Palembang Bisa Ditempuh Selama 3 Jam

Jumat, 15 November 2019 14:24 Reporter : Siti Nur Azzura
Diresmikan Jokowi, Lampung-Palembang Bisa Ditempuh Selama 3 Jam Presiden jokowi. ©2017 Biro Pers Setpres

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer (Km) di Lampung. Dengan diresmikannya ruas tol ini, maka perjalanan dari Lampung ke Palembang hanya 3 jam dari yang sebelumnya mencapai 10 jam.

"Kita ini ingin kecepatan. Dalam jaringan logistik kita. Dulu dari Lampung ke Palembang ada yang bilang 9 jam, 10 jam, 11 jam. Tapi sekarang hanya 3 jam. Itu yang namanya kecepatan, itu yang namanya efisiensi," kata Jokowi di Gerbang Tol Simpang Pematang, melalui live streaming, Jumat (15/11).

"Ruas tol ini sepanjang totalnya 189 km ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan," imbuhnya.

Dia menjelaskan, dengan diresmikannya ruas tol ini bisa menciptakan titik pertumbuhan ekonomi baru. Selain itu, juga bisa menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik.

"Juga memberikan fasilitas kepada sentra produksi. artinya kalau ada karet ada sawit ada ikan ini akan dipercepat. Selain itu, ruas tol ini bisa menciptakan lapangan kerja," jelasnya.

Jokowi berharap, ruas tol ini bisa dilanjutkan dari Kayu Agung-Palembang-Betung. Tak hanya itu, dia juga menargetkan, ruas tol dari Lampung ke Aceh sepanjang 2.700 km bisa tersambung pada 2024 mendatang.

"Ini membangun peradaban. Dari lewat jalan kecil di kampung, meningkat jalan kabupaten, meningkat jalan provinsi, dan sekarang jalan tol yang bisa dinikmati semua rakyat," ujar Jokowi.

1 dari 2 halaman

Tarif Tol Gratis

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, terkait ruas tol nantinya bakal dituangkan dalam Keputusan Menteri PUPR. Namun pada awal beroperasi, ruas tol itu akan digratiskan selama beberapa waktu.

"Gratis dulu. Sampai kapannya menunggu instruksi Pak Presiden, biasanya disampaikan kan," jelas Endra.

Sebagai informasi, ruas tol yang dibangun Hutama Karya tersebut terdiri dari 2 seksi, yakni Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112,2 Km dan Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 Km.

2 dari 2 halaman

Biaya Investasi Rp21,95 Triliun

Pembangunan ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung terbagi menjadi 2 seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112,20 kilometer dengan progres konstruksi sudah mencapai 99 persen.

Sementara untuk Seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer saat ini progres konstruksinya telah mencapai 97 persen.

Secara keseluruhan progres fisik Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung saat ini mencapai 98 persen dan ditargetkan beroperasi akhir 2019. Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang telah melalui uji laik fungsi yang dilaksanakan pada 2-3 Mei 2019 di Km 140-Km 194.

Kemudian dilanjutkan ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Km 194-Km 330 pada 14-15 Agustus 2019. Proses uji laik fungsi meliputi evaluasi aspek keselamatan dan manajemen lalu lintas, evaluasi aspek sarana jalan, jembatan dan bangunan pelengkap serta evaluasi aspek administrasi dan operasi.

Sertifikat laik operasi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang telah diterbitkan pada 12 September 2019.

Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung merupakan lanjutan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 141 kilometer yang sudah beroperasi sejak Maret 2019. Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sempat dibuka fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik tahun 2019.

Konstruksi ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung telah dikerjakan sejak Juli 2018 dengan biaya investasi sebesar Rp21,95 triliun dengan masa konsesi selama 40 tahun. [azz]

Baca juga:
Mengenal Tol Terpanjang di Indonesia yang Bakal Diresmikan Jokowi
Ke Lampung, Presiden Jokowi akan Resmikan Ruas Tol Terpanjang di Indonesia
Diresmikan Besok oleh Presiden Jokowi, Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung Digratiskan
Tol Terbanggi Besar di Sumatera Beroperasi Akhir Tahun Ini
Penusuk Menko Wiranto Pindah ke Pandeglang Karena Rumahnya di Medan Kena Gusur
Jokowi Suntik Modal Hutama Karya Rp10,5 Triliun untuk Bangun Tol Trans Sumatera

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini