Diproduksi Tahun Ini, Laptop Merah Putih Pakai TKDN 30 Persen

Jumat, 23 Juli 2021 16:36 Reporter : Anggun P. Situmorang
Diproduksi Tahun Ini, Laptop Merah Putih Pakai TKDN 30 Persen Laptop Merah Putih. istimewa ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia tengah berambisi menciptakan sendiri produk dalam negeri. Setelah mobil listrik dan vaksin merah putih, kini muncul Leptop Merah Putih atau yang diberi nama Diktiedu. Leptop ramah tunanetra itu, siap menjajal pasar dalam negeri tahun ini.

Sekretaris Direktur Jenderal Dikti, Paristiyanti Nurwardani mengatakan, laptop karya anak negeri tersebut menggunakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30 persen. Namun demikian, secara bertahap akan dinaikkan hingga mencapai 65 persen.

"Pada 2021 itu sebesar 25 hingga 30 persen, 2022 lebih dari 40 persen dan 2023 lebih dari 40 hingga 65 persen," kata Paristiyanti kepada merdeka.com, Jakarta, Jumat (23/7).

Dia menjelaskan, Kemendikbud terlibat 100 persen dalam pengerjaan proyek ini. Mulai dari rencana pengadaan atau ide, kemudian roadmap, desain serta implementasi pembuatan bersama anggota konsorsium.

"Konsorsium Merah Putih Diktiedu dibentuk oleh Kepdirjen Dikti. Konsorsium dibentuk setelah ITB sukses membuat Tablet Diktiedu yang berisi 300 e-Modul untuk 5 prodi di daerah 3T," jelas Peristiyanti.

Agar proyek ini terus berjalan serta bisa dikomersialkan secara masif, pemerintah akan menggandeng industri. Di mana dengan langkah tersebut, Laptop Merah Putih bisa lebih dikenal oleh masyarakat. "2022 akan dipasarkan kerjasama dengan Industri," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini