Dikritik soal rokok, menteri Susi tak mau ambil pusing

Selasa, 28 Oktober 2014 16:47 Reporter : Idris Rusadi Putra
Dikritik soal rokok, menteri Susi tak mau ambil pusing Susi Pudjiastuti. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Sejak diangkat menjadi menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet kerja Jokowi-JK, Susi Pudjiastuti menjadi buah bibir masyarakat. Ada yang memuji, ada pula yang mencibir.

Susi pun angkat bicara mengenai komentar negatif beberapa pihak tentang penampilannya yang cuek dan nyentrik. Termasuk soal kebiasaannya merokok hingga latar belakang pendidikannya yang hanya berijazah SMP.

Susi bergeming dengan kritik yang dilontarkan kepadanya. Dia mengaku tidak akan bisa dan tidak berniat mengubah gayanya yang nyentrik.

"Cuek mau bagaimana. Kalau saya mau berubah seperti birokrat atau ibu-ibu yang manis dan feminim saya tidak bisa. Saya sudah 50 tahun seperti ini," ucap Susi ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (28/10).

Susi menyadari banyak komentar negatif tentang dirinya. Namun dia tak ambil pusing dan hanya akan fokus pada pekerjaannya sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

"Saya akan menunjukkan saya punya tanggung jawab itu yang saya lakukan," tutupnya singkat.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyindir perilaku merokok para menteri kabinet Jokowi. Dia menyarankan Presiden Jokowi untuk merevolusi mental menteri-menterinya untuk memberikan contoh yang baik terhadap masyarakat.

"Sebaiknya jangan memberi contoh yang kurang baik, merokok boleh saja, itu hak pribadi. Tapi kan lebih bagus sembunyi-sembunyi," kata Fadli Zon kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/10).

Lebih lanjut, tegas dia, masalah merokok adalah terkait etika. Jika ingin merokok sebaiknya tidak dilakukan ditempat terbuka dan dapat memicu kontroversi di mata publik.

"Mungkin itu salah satu yang termasuk di revolusi mental (Jokowi)," sindirnya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini