Dikritik DPR karena beli pesawat intai, ini jawaban Menteri Susi

Selasa, 14 Juni 2016 15:53 Reporter : Pramirvan Datu Aprillatu
Dikritik DPR karena beli pesawat intai, ini jawaban Menteri Susi Susi Pudjiastuti. ©Efrimal Bahri

Merdeka.com - Ketua Komisi lV DPR RI, Edhy Prabowo mengkritik kebijakan Menteri Susi Pudjiastuti yang menganggarkan Rp 900 miliar untuk membeli pesawat pengintai kapal pencuri ikan di lautan Indonesia. Anggaran ini dimasukkan dalam APBN 2017.

Menurut Edhy, kebijakan Sisi ini lebih condong memodernisasi pembelian pesawat tapi tidak ada upaya langkah dilakukan yang berkaitan langsung dengan kesejahteraan nelayan.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan, pembelian pesawat intai diperlukan untuk menegakkan kedaulatan perairan laut wilayah Indonesia.

"Ini merupakan cita cita kita sebagai negara poros maritim, kita sangat kekurangan armada buat pengawasan laut kita," kata Susi saat rapat bersama Komisi IV DPR, di Senayan, Jakarta, Selasa (14/6).

Susi menjelaskan pengajuan anggaran bakal menghemat anggaran hingga Rp 500 miliar per tahun jika dihitung dari biaya operasional, pembelian bahan bakar, sampai luas wilayah pengawasan. Apalagi, penghematan anggaran mampu ditukar dengan pembelian speedboat kecil buat pulau-pulau perbatasan di Indonesia.

"Pengeluaran BBM per 50 jam Rp 529 juta, pakai pesawat Rp 14 juta. Kita bisa kurangi kapal laut enggak jalan terus menerus. Total kita hitung kerja 5 hari 6 pesawat biaya hanya Rp 35 miliar, kapal laut dengan 50 jam operasi 3 hari mencapai 600 miliar. Penghematan 600 miliar, jadi kita bisa nambah kapal-kapal speedboot kecil," tutur Susi. [idr]

Baca juga:
Anggaran untuk beli pesawat intai, Susi kena omel anggota DPR
Menteri Susi minta Rp 10,76 triliun & fokus pada 10 program di 2017
Menteri Susi curiga negara tetangga jadikan RI tempat cuci ikan
DPR sebut kebijakan Menteri Susi masih belum sejahterakan nelayan
Menteri Susi potong anggaran Rp 2,89 T dalam APBNP 2016
Menteri Susi: Jaga daerah pesisir demi keberlanjutan kelautan
Menteri Susi merinding Jokowi haramkan sektor perikanan untuk asing

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini