Di World Economic Forum, pemerintah promosikan 10 proyek infrastruktur

Senin, 2 April 2018 13:41 Reporter : Liputan6.com
Luhut. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sekitar 10 proyek infrastruktur ramah lingkungan akan dipromosikan ke forum ekonomi dunia atau Word Economic Forum, untuk mendapat dana dengan skema campuran atau Blended Finance.

"Sekarang pemerintah menerjemahkannya. Di bidang saya, karena banyak proyek infrastruktur di tempat kami, terus juga energi, ini jadi model," kata Luhut di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (2/4).

Saat ini, pemerintah sedang menggarap proyek dengan sistem berkelanjutan atau ramah lingkungan, sesuai dengan komitmen pemerintah untuk menjaga lingkungan dalam Paris Agreement 2015. Dengan bermodalkan sistem pembangunan infrastruktur ramah lingkungan, Luhut yakin calon investor dari luar negeri tertarik untuk membiayai proyek tersebut.

"Karena ini juga kan menyangkut lingkungan juga. Jadi tadi kita sudah cukup maju dengan bank-bank itu, untuk melihat bagaimana mekanisme yang akan dibuat. Nah sekarang mereka sudah mulai nanya proyek, orang-orang luar ini, yang mana proyeknya? Proyeknya mana? Mana studinya? Berapa dananya? Berapa return IRRnya?," papar luhut.

Dia menambahkan, saat ini timnya sedang mematangkan 10 proyek infrastruktur tersebut, di antaranya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), infrastruktur transportasi LRT, dan pengembangan energi panas bumi.

"Misalnya seperti waste to energy, LRT, geothermal, waste to energy juga banyak. Sudah kelihatan lah," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini