Di Tengah Pandemi, Pemerintah Dorong Ekspor Makanan dan Minuman RI ke Mesir

Jumat, 3 Juli 2020 16:42 Reporter : Sulaeman
Di Tengah Pandemi, Pemerintah Dorong Ekspor Makanan dan Minuman RI ke Mesir Pelabuhan. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya menggenjot ekspor produk makanan dan minuman (Mamin) Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Salah satu cara yang dilakukan yaitu membuka pasar baru ke kawasan Afrika Utara.

"Kawasan Afrika Utara, khususnya Mesir, merupakan pasar yang menjanjikan bagi produk pangan olahan dari Indonesia. Diharapkan akses pasar produk pangan ke Mesir dapat dimanfaatkan dengan optimal," jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Kasan di Jakarta, Jumat (3/7).

Menurutnya, Indonesia berpeluang besar meningkatkan ekspor pangan olahan di pasar global. Sebab, kini makanan olahan menjadi alternatif pilihan yang dicari masyarakat karena dapat disimpan lebih lama dibandingkan pangan segar.

Selain itu, masyarakat cenderung lebih memilih masak di rumah dan menyukai produk-produk yang bernutrisi. Dalam rangka memenuhi keamanan pangan dan menjaga higienitasnya.

Kasan menyebut pandemi Covid-19 juga berdampak besar terhadap perdagangan global. Antara lain terjadinya perubahan pola perdagangan global, peningkatan biaya logistik, kerja sama perdagangan tidak berjalan efektif, dan adanya ancaman resesi ekonomi global.

Sedangkan, dampaknya bagi perdagangan nasional yakni meningkatkan potensi inflasi barang pokok akibat terganggunya logistik dan distribusi, terhambatnya aktivitas perdagangan antarpulau, terjadinya perubahan pola konsumsi masyarakat, serta melemahnya daya beli masyarakat.

Baca Selanjutnya: Susun Strategi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini