Di Pertemuan ASEAN+3, Bos BI Beberkan Cara RI Pulihkan Ekonomi dari Pandemi Covid-19

Selasa, 4 Mei 2021 11:43 Reporter : Anisyah Al Faqir
Di Pertemuan ASEAN+3, Bos BI Beberkan Cara RI Pulihkan Ekonomi dari Pandemi Covid-19 Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. ©2020 dok.Bank Indonesia

Merdeka.com - Dalam pertemuan ke-24 Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN+3, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo membeberkan berbagai kebijakan yang diambil untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya penurunan suku bunga acuan menjadi 3,5 persen, terendah sepanjang sejarah di Indonesia.

"Penurunan suku bunga kebijakan menjadi 3,5 persen yang merupakan tingkat suku bunga terendah sepanjang sejarah," kata Perry dalam siaran pers Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (4/5).

Bank Indonesia juga melakukan quantitative easing untuk memastikan kecukupan likuiditas di pasar, serta melakukan stabilisasi nilai tukar sesuai dengan fundamental dan mekanisme pasar. Selain itu, untuk mendukung pemulihan ekonomi domestik, bank sentral menerapkan kebijakan makroprudensial yang akomodatif dan mendorong percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan.

Dalam pertemuan tersebut, para perwakilan negara menggarisbawahi pentingnya peningkatan kerja sama keuangan regional untuk memperkuat ketahanan ekonomi dan keuangan di kawasan dalam menghadapi COVID-19 serta meningkatkan kesiapan memasuki masa pasca pandemi (post-pandemic era).

Baca Selanjutnya: Penguatan Kerja Sama...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini