Di Natuna, Menteri Susi Lepas Ekspor Gurita ke Jepang Senilai Rp1,1 Miliar

Selasa, 8 Oktober 2019 13:32 Reporter : Dwi Aditya Putra
Di Natuna, Menteri Susi Lepas Ekspor Gurita ke Jepang Senilai Rp1,1 Miliar Susi Pudjiastuti. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melepas ekspor perdana Gurita ke Jepang melalui Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Komoditas ekspor sebanyak 15 ribu kilogram gurita ini merupakan milik Perum Perikanan Indonesia.

"Ini yang di dalam kontainer adalah gurita yang akan diekspor ke Jepang senilai Rp1,1 miliar. Rencananya Perindo akan ekspor kurang lebih 5 kontainer per bulan," kata Menteri Susi seperti ditulis Selasa (8/10).

Meski ini merupakan ekspor perdana di SKPT yang baru saja dioperasionalkan, Menteri Susi mengaku masih ada beberapa pekerjaan besar ke depannya. Sebab, dia menyayangkan ekspor dilakukan di Natuna harus kembali melalui ke Jakarta, kemudian baru bisa ke negara asal tujuan.

"Sayangnya ekspor ini masih lewat Jakarta. Jadi ikan dari atas terdepan turun ke bawah naik lagi ke atas. Harusnya kalau dari natuna ke Jepang akan lebih cepat. Tapi untuk sekarang ini karena itu satu satunya logistik strategis transportasi rutenya seperti itu kita kirim ke Jakarta untuk nanti di Pelabuhan Priok masuk kapal ke Jepang," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Susi juga mendorong Kementerian Perhubungan untuk mengembangkan fasilitas pendukung lain di SKPT Natuna. Salah satunya yakni dengan mengembangkan pelabuhan yang ada di Selat Lampa ini. Sehingga diharapkan kehadiran pelabuhan besar di sini, masyarakat bisa melakukan ekspor langsung dari Selat Lampa.

"Operasional ini sebetulnya sudah hampir satu tahun ada. Kita bisa ekspor dari sini satu kontainer berangkat. Saya akan kejar Kementerian Perhubungan agar bisa bangun pelabuhan besar agar dari Natuna bisa keluar," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini