Di KKI Sesi III, Iriana Jokowi Imbau UMKM Bisa Adaptasi dengan Pandemi

Jumat, 20 November 2020 10:48 Reporter : Merdeka
Di KKI Sesi III, Iriana Jokowi Imbau UMKM Bisa Adaptasi dengan Pandemi Iriana Jokowi. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Ibu Negara Iriana Jokowi membuka gelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) sesi III bertema UMKM Sahabat Milenial secara virtual. Pada kesempatan tersebut, dia mengapresiasi pelaku UMKM yang pantang menyerah memajukan usahanya di tengah pandemi Covid-19. Mereka pun dinilai semakin banyak inovasi dan kreatif.

"Pandemi beri banyak hikmah, terutama mendorong UMKM beralih ke digital. Hal ini membuat produk-produk UMKM semakin cepat dikenal di dunia internasional. Membuat UMKM kita semakin maju dan naik kelas," kata Iriana, Jumat (20/11).

Dia mengimbau UMKM untuk memanfaatkan perkembangan ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga, pelaku UMKM bisa menyesuaikan diri untuk memperbaiki kualitas produk, branding, packing, pelayanan, juga harga, agar tidak kalah bersaing dari negara-negara lain.

Tak lupa, Iriana juga memberikan masukan bagi kaum muda atau milenial untuk bantu mengembangkan jenis usaha kreatif dan inovatif. "Pemanfaatan platform digital bagi usaha milenial sangat menjanjikan, karena anak-anak muda Indonesia jumlahnya sangat-sangat besar. Mereka sudah terbiasa dengan teknologi sehingga cepat beradaptasi," ujar dia.

Menurut dia, milenial memiliki jaringan pertemanan yang sangat luas, khususnya karena adanya interaksi yang intensif melalui media sosial.

"Karena itu, sekarang adalah waktu yang sangat tepat bagi kaum muda Indonesia untuk menjadi wirausaha, untuk membangun dan membesarkan UMKM. Membantu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, juga mendorong perekonomian agar kita kembali bergerak," tuturnya.

Pemerintah di sisi lain telah memberi banyak kemudahan, melalui banyak program pengembangan kewirausahaan, UMKM, termasuk untuk kaum milenial.

"Kita dorong dan ciptakan budaya entrepreneur karena anak-anak muda sebagai kekuatan perekonomian baru yang siap go global mendunia. Membawa nama produk-produk Indonesia untuk semakin diminati pasar internasional," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini