Di era Jokowi, sektor ekonomi kreatif jadi tujuan terpopuler pencari kerja

Selasa, 23 Oktober 2018 12:13 Reporter : Merdeka
Di era Jokowi, sektor ekonomi kreatif jadi tujuan terpopuler pencari kerja Kepala BEKRAF Triawan Munaf. ©2018 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membentuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di kepemimpinannya. Hingga saat ini, sektor ini berhasil menjadi tujuan terpopuler para pencari kerja.

Kepala Bekraf, Triawan Munaf menjelaskan, ekonomi kratif berhasil menjadi model baru dalam membangkitkan kekuatan ekonomi. Sebab, sektor ini sangat dekat dengan para generasi milenial.

"Ekonomi kreatif ini juga semakin lama semakin diminati oleh milenial. Ini sektor pencari kerja baru terutama di CPNS tinggi minatnya terhadap ekonomi kreatif ini paling tinggi," paparnya di Kementerian Sekretariat Negara, Selasa (23/10).

Pada 2015 saat baru dimulai tugasnya, tenaga kerja di sektor ekonomi kreatif keseluruhan sebesar 15,9 juta. Jumlah ini terus meningkat hingga 2017 menjadi 17,4 juta orang, dan di tahun ini mencapai 18 juta orang.

Meski terus tumbuh, Triawan mengakui kualitas dan produktifitas pekerja mengalami peningkatan. Ini terlihat dari jumlah pertumbuhan tenaga kerja yang melambat, namun sumbangsih terhadap PDB terus meningkat.

Pada 2016, pertumbuhan pekerja di sektor ini sebesar 5,95 persen. Namun pada 2018, pertumbuhannya hanya 3,72 persen.

Sementara untuk PDB, sektor ekonomi kreatif pada 2018 diperkirakan mencapai Rp 1.105 triliun. Jumlah ini meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya dimana 2017 sebesar Rp 1.009 triliun dan 2016 sebesar Rp 922 triliun.

"Angka-angka yang positif ini terus berlanjut. Harapannya sektor ekonomi kreatif ini bisa jadi andalan kita dalam pertumbuhan ekonomi," pungkas Triawan.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini