Di Asia Tenggara, produktivitas pekerja RI tertinggi kedua

Kamis, 9 Juni 2016 13:51 Reporter : Siti Nur Azzura
Di Asia Tenggara, produktivitas pekerja RI tertinggi kedua cinta pekerjaan. ©2012 Shutterstock

Merdeka.com - Peningkatan produktivitas pekerja Indonesia merupakan kedua tertinggi di Asia Tenggara. Di bawah Vietnam.

Itu didasarkan pada laporan terbaru Institute Chartered of Accountant in England and Wales (ICAEW): Economic Insight South East Asia.

ICAEW Economic Advisor Prinyanka Kishore mengatakan produktivitas Indonesia tumbuh mengesankan, sebesar 3,8 persen, dalam 15 tahun terakhir. Itu diperkirakan bakal meningkat hingga 3,9 persen dalam lima tahun ke depan.

"Hanya dengan 2 persen tenaga kerja yang bekerja di sektor industri utama dibandingkan Malaysia dengan 10 persen tenaga kerja, Indonesia mempunyai peluang besar untuk meningkatkan produktivitas dengan membuka kesempatan bagi tenaga kerjanya untuk beralih ke sektor-sektor industri utama tersebut," kata Prinyanka yang juga Kepala Ekonomi Oxford Economics, dalam keterangan resminya, Kamis (9/6).

Salah satu faktor pendorong peningkatan produktivitas adalah tingginya jumlah tabungan rumah tangga. Meski investasi asing langsung mempunyai peran penting dalam memajukan ekonomi ASEAN, sebagian besar permodalan bisnis, terutama UKM, datang dari tabungan domestik dan pinjaman.

"Nilai rupiah juga tumbuh menguat pada tahun ini dibandingkan dengan mata uang negara Asia lainnya. bunga obligasi juga telah turun secara signifikan and tren pasar saham terus meningkat," katanya.

Meski begitu, pertumbuhan produktivitas Indonesia masih tertahan faktor eksternal. Semisal, jumlah mitra dagang utama Indonesia yang berpotensi menurun dan harga komoditas yang semakin rendah. [yud]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini