Deretan pendukung Jokowi dapat kursi empuk komisaris BUMN

Senin, 23 Juli 2018 06:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Deretan pendukung Jokowi dapat kursi empuk komisaris BUMN Presiden Joko Widodo. Liputan6

Merdeka.com - Beberapa orang ini cukup beruntung. Mereka dengan mudah melenggang menempati posisi penting di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Keberuntungan itu didapatkan lantaran mereka merupakan pendukung dan tim sukses Presiden Jokowi.

Dukungan mereka pun tak sia-sia karena kebagian jatah strategis di BUMN. Berikut adalah pendukung Jokowi yang jadi komisaris BUMN.

1 dari 5 halaman

Pataniari Siahaan

Komisaris Independen BNI Pataniari Siahaan. ©Istimewa

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2015 lalu, Pataniari Siahaan ditunjuk sebagai Komisaris BNI berdasarkan akta RUPS nomor 34. Penunjukan tersebut telah mendapat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pataniari merupakan politikus PDI Perjuangan. Pada pemilu legislatif 2014, Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti ini gagal melaju menjadi anggota DPR-RI. Pataniari juga tak memiliki rekam jejak di dunia perbankan.

2 dari 5 halaman

Refly Harun

Refly Harun. ©2018 Merdeka.com

Pakar hukum tata negara, Refly Harun, ditunjuk menjadi komisaris utama PT Jasa Marga dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2015. Sebelumnya, Refly sempat menjadi staf khusus Menteri Sekretaris Negara Pratikno di bidang hukum.

Selama ini rekam jejak Refly tidak pernah tercatat di dunia usaha. Dia lebih banyak berkecimpung di dunia akademisi dan aktif sebagai staf ahli salah seorang hakim konstitusi. Refly adalah alumnus strata satu Fakultas Hukum UGM pada 1995. Dia kemudian melanjutkan program Master di Universitas Indonesia (2002) dan meraih gelar LL.M dari University of Notre Dame, AS.

3 dari 5 halaman

Andrinof A. Chaniago

andrinof chaniago. ©youtube.com

Salah satu orang terdekat Presiden Jokowi yang mendapat posisi komisaris adalah Andrinof A. Chaniago. Andrinof merupakan mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas 2014-2015.

Pada tahun 2017, dia ditunjuk menjadi komisaris utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Andrinof juga dikenal sebagai akademisi, peneliti, dan pengamat kebijakan publik.

4 dari 5 halaman

Jeffry Wurangian

Komisaris BRI Jeffry Wurangian. ©Istimewa

Jeffry Wurangian merupakan calon anggota legislatif dari Partai Nasdem pada Pemilu 2014. Akan tetapi, upaya Jeffry ke Senayan gagal lantaran Nasdem tak mendapat satu kursi pun di daerah pemilihan Jawa Timur V.

Meski gagal, namun Jeffry mendapat pos di BUMN. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2015, dia ditunjuk menjadi menjadi komisaris BRI. Jeffry memang memiliki rekam jejak di dunia perbankan. Dia adalah mantan Direktur Utama Bank Sulawesi Utara (Sulut).

5 dari 5 halaman

Ali Mochtar Ngabalin

ali mochtar ngabalin dan jokowi. ©2018 Merdeka.com/dokumen pribadi

Terbaru, orang terdekat Presdien Jokowi yang menjadi komisaris BUMN adalah Ali Mochtar Ngabalin. Ngabalin ditunjuk menjadi anggota dewan komisaris PT Angkasa Pura I (persero). Ali Mochtar Ngabalin merupakan seorang politisi dari Partai Golkar yang pada Mei 2018 lalu sempat diangkat sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi.

Pengangkatan dan pemberhentian komisaris ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku Rapat Umum Pemegang Saham PT Angkasa Pura I (Persero) Nomor SK-210MBU/07/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris serta Penetapan Komisaris Independen PT Angkasa Pura I (Persero) tanggal 19 Juli 2018. [has]

Baca juga:
Ali Ngabalin jadi komisari BUMN, Gerindra bilang bangsa ini akan hancur
Agar tak bebani BUMN, Fahri minta Jokowi cari sumber lain danai Timses
Ketum Golkar Airlangga beri Ngabalin pilihan: Jadi komisaris AP I atau caleg
Ngabalin jadi komisaris Angkasa Pura I, Fadli Zon sebut hadiah dari Jokowi
Angkat Ngabalin jadi komisaris AP I, Menteri Rini pastikan sudah lewati uji kelaikan
Ali Mochtar Ngabalin klaim sebelum jabat KSP sudah ditawari jadi komisaris AP I

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini