Deretan Pekerjaan dengan Tingkat PHK Paling Tinggi Semasa Pandemi

Rabu, 25 November 2020 15:44 Reporter : Merdeka
Deretan Pekerjaan dengan Tingkat PHK Paling Tinggi Semasa Pandemi Menaker Ida Fauziyah. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah membeberkan dampak pandemi Covid-19 terhadap profil ketenagakerjaan di Indonesia. Sebanyak 29,12 juta orang terkena dampak, 2,56 juta diantaranya menjadi pengangguran. Lalu, 24,03 juta terpaksa dirumahkan.

Menurut data yang dirilis Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan (Barenbang Naker), terdapat beberapa pekerjaan dengan tingkat PHK paling tinggi.

"Dari 10 pekerjaan yang paling banyak melakukan PHK, PHKnya paling tinggi, adalah agen dan perantara penjualan dan pembelian yaitu 10,1 persen," ujar Ida dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (25/11).

Peringkat selanjutnya ialah pengemudi mobil, van dan sepeda motor sebesar 7,1 persen. Lalu, buruh pertambangan dan konstruksi 6,7 persen. Kemudian tenaga perkantoran umum 6,7 persen. Peringkat selanjutnya ialah teknisi ilmu kimia dan fisika yaitu 5,6 persen.

Lalu tenaga kebersihan dan juru bantu rumah tangga, hotel dan kantor sebesar 5,1 persen. Pekerja penjualan lainnya dan tenaga pengawas gedung dan kerumahtanggaan masing-masing 4,5 persen.

Peringkat selanjutnya ialah pekerja kasar lainnya 3,9 persen dan yang terakhir, buruh industri pengolahan sebesar 3,9 persen.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini