Deretan Orang Kaya Indonesia Punya Bisnis Penerbangan Pesawat Komersial

Rabu, 29 Mei 2019 06:14 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Deretan Orang Kaya Indonesia Punya Bisnis Penerbangan Pesawat Komersial Lion Air 737 MAX 8. ©2018 Boeing Mediaroom

Merdeka.com - Sejumlah pengusaha kaya raya di Indonesia merambah bisnis penerbangan komersial. Ada yang gagal, namun juga banyak yang berhasil.

Modal awal bisnis penerbangan komersial ini cukup besar. Siapa saja orang kaya yang terjun dalam bisnis penerbangan, berikut ulasannya:

1 dari 3 halaman

Rusdi Kirana Punya Lion Air

Pesawat Lion Air ternyata milik pengusaha Indonesia. Lion Air didirikan oleh Rusdi Kirana. Dalam mendirikan Lion Air Rusdi tak sendiri, dia dibantu oleh kakaknya Kusnan Kirana.

Rusdi mengawali bisnis penerbangannya pada Oktober 1999. Modal awal yang dikeluarkan sebesar USD 10 juta atau sekitar Rp143 miliar (kurs saat ini). Dia menggebrak dunia penerbangan dengan konsep biaya murah. Oleh karena itu, Lion Air dijuluki pesawat murah. Dari sisi jumlah penumpang, Lion meraih 600.000 orang lebih per bulan atau menguasai 40 persen dari seluruh segmen pasar.

Lion Air Group menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan yaitu Lion Air, Wings Air, Batik Air, Malindo Air dan Thai Lion Air. Selain pengusaha, Rusdi juga terjun ke dunia politik sebagai Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak 2014.

Selain sebagai pengusaha, Rusdi pernah dipercaya sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada tahun 2015. Rusdi sekarang menjabat sebagai duta besar Malaysia sejak 2017.

2 dari 3 halaman

Susi Pudjiastuti Punya Susi Air

Sudah banyak yang tahu jika penerbangan Susi Air adalah milik Susi Pudjiastuti. Sebelum diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi merupakan pengusaha. Salah satu bisnisnya di bidang penerbangan dengan mendirikan Susi Air.

Susi Air didirikan pada tahun 2004 dengan penerbangan berjadwal dan charter. Susi Air awalnya didirikan untuk mengantarkan muatan perikanan dari perusahaan lain milik Susi, PT ASI Pudjiastuti. Namun sekarang menjadi penerbangan komersil yang beroperasi dari Medan, Jakarta, Balikpapan, Kendari, Bandung, Cilacap, dan Sentani.

3 dari 3 halaman

Chandra Lie Punya Sriwijaya Air

Sriwijaya Air salah satu penerbangan di Indoensia. Pesawat itu milik pengusaha kaya raya Chandra Lie. Sebelum bisnis penerbangan, Chandra Lie memulai bisnisnya dari usaha garmen.

Namun pada tahun 2000, dia mulai coba-coba memasuki bisnis penerbangan. Sehingga pada 2003 didirikanlah Sriwijaya Air. Saat mendirikan pesawat itu, Chandra tak sendirian. Dia dibantu keluarganya Hendry Lie Johannes Bundjamin dan Andy Halim.

Saat ini Sriwijaya Air adalah Maskapai Penerbangan terbesar ketiga di Indonesia dan sejak tahun 2007 hingga saat ini tercatat sebagai salah satu Maskapai Penerbangan Nasional yang memiliki standar keamanan kategori 1 di Indonesia. [has]

Baca juga:
Kisah Mengejutkan Para Orang Kaya Indonesia Ini Pernah Jadi Sopir
Ritual Sederhana Bisa Bikin Anda Kaya Raya
Kaya Raya, 4 Orang Indonesia Ini Punya Mal, Hotel dan Bank
Membongkar Jumlah Harta Ratu Elizabeth II, Ratu Tertua di Dunia

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini