Deretan merek Made In Indonesia yang perkasa di pasar dunia

Jumat, 15 Mei 2015 05:55 Reporter : Novita Intan Sari
Deretan merek Made In Indonesia yang perkasa di pasar dunia kalbe farma. istimewa

Merdeka.com - Bicara soal global brand (merek) di pasar Indonesia saat ini sudah menjadi hal yang biasa saja. Global Brand merupakan istilah untuk merek-merek global yang melokal di pasar yang ditujunya. Contoh paling gampang adalah merek-merek keluaran Unilever di Indonesia seperti Rinso, Sunsilk atau Lux. Merek-merek itu adalah merek global, tapi orang Indonesia sudah menganggapnya sebagai merek lokal karena keberadaannya di pasar Indonesia yang sudah sedemikian lama.

Managing Partner Indonesia Brand Forum, Yuswohady mengatakan, fakta miris tersebut terjadi karena keberadaannya di pasar Indonesia yang sudah sedemikian lama dan digunakan tiap hari selama belasan bahkan puluhan tahun. Keberadaan produk global tersebut membuat produk lokal tidak berdaya. Padahal, kualitas produk lokal tidak kalah dengan produk global.

Yuswohady mengatakan membangun merek produk Indonesia di pasar domestik maupun global merupakan agenda besar yang harus diwujudkan. Perusahaan lokal atau nasional harus bisa memanfaatkan pasar domestik yang sangat besar untuk menempa diri membangun merek Indonesia sehingga memiliki daya saing global.

"Merek lokal sudah terkenal di pasar dunia, ini menjadi kebanggaan untuk Indonesia," ujarnya ketika dihubungi merdeka.com, Jakarta, Kamis (14/5).

Menurutnya, membangun merek lokal di pasar global bukanlah pekerjaan yang gampang, karena kondisi pasar luar negeri tidak banyak diketahui. Di samping itu, sikap pemerintah Indonesia yang acuh terhadap produk lokal menjadi penyebab tidak dikenalnya produk Made In Indonesia di dalam pasar sendiri.

Namun di tengah tantangan yang maha berat tersebut, masih ada segelintir merek atau brand Made In Indonesia yang begitu membanggakan, menjadi duta bangsa di pasar global, merdeka.com mencoba merangkumnya:

Topik berita Terkait:
  1. Produk Indonesia
  2. Top List
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini