Dengar Kisah Alumni Program Kartu Prakerja, Ini Respons Airlangga

Jumat, 4 Juni 2021 15:07 Reporter : Dwi Aditya Putra
Dengar Kisah Alumni Program Kartu Prakerja, Ini Respons Airlangga Jokowi Kartu Prakerja. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Program Kartu Prakerja yang dinisiasi oleh pemerintah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat. Misalnya saja Andri Dwiko Putra (32). Salah satu alumni Program Kartu Prakerja gelombang II ini, mengikuti pelatihan Teknik Menjual Apapun dengan Mudah. Kini dirinya telah memiliki tiga usaha sekaligus. Di antaranya adalah usaha donat, harum manis, dan mainan.

"Saya mengikuti pelatihan itu biar usaha saya semakin besar. Sebelum ikut Prakerja saya cuma bisa ngirim ke 10 warung, setelah ikut, sekarang warung yang jadi langganan saya udah ada 300", jelas Andi Dialog Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI dengan Penerima Kartu Prakerja, di Bandung, Jumat (4/3).

Mendengar cerita Andi, dan beberapa alumni Prakerja lain yang hadir, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan Pujian dan berterimakasih kepada seluruh alumni Program Kartu Prakerja, karena telah konsisten mengikuti program pelatihan dari awal hingga selesai.

Menurut Airlangga, seluruh alumni Prakerja luar biasa, karena meskipun di tengah pandemi, mereka tetap memiliki daya tahan untuk menyelesaikan program pelatihan hingga selesai.

"Di tengah ketidakpastian dan tantangan, bersedia untuk tetap belajar dan punya daya tahan untuk mengikuti tes sampai selesai. Tadi ada yang delapan kali tidak lolos, itu masih terus semangat untuk mendaftar, sehingga dapat di gelombang sembilan, itu luar biasa, " imbuhnya

Setelah lolos, ada banyak pelatihan yang disediakan dan bisa dipilih sesuai minat dan kebutuhan individu. "Tadi ada yang ikut empat-lima pelatihan, menghabiskan dana pelatihan, kemudian memilih untuk memulai usaha," ujarnya.

Menko Airlangga mengatakan, capaian ini merupakan sesuatu yang diharapkan pemerintah, karena di situasi pandemi dibutuhkan Sumber Daya Masyarakat (SDM) yang memiliki banyak skill, yang hanya bisa dicapai dengan pembelajaran secara terus menerus. "Jadi, terima kasih. Sekali lagi kami ucapkan selamat dan pemerintah akan terus mendorong agar usahanya bisa meningkat," pungkas Airlangga. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini