DEN Targetkan Indonesia Bebas Impor BBM dan LPG di 2030

Selasa, 20 April 2021 16:07 Reporter : Intan Umbari Prihatin
DEN Targetkan Indonesia Bebas Impor BBM dan LPG di 2030 Menteri ESDM Arifn Tasrif di KPK. ©2020 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Menteri ESDM Arifin Tasrif, selaku Ketua Harian Dewan Energi Nasional (DEN) menargetkan, Indonesia sudah bebas impor bahan bakar minyak (BBM) dan liquid petroleum gas (LPG) pada 2030. Hal tersebut disampaikan Menteri Arifin usai Sidang Paripurna Dewan Energi Nasional bersama Persiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (20/4).

"Masih ada impor BBM dan LPG di mana memang dalam strategi energi nasional ini kita rencanakan 2030 itu kita tidak lagi impor BBM dan diupayakan juga tidak impor LPG," kata Menteri Arifin di Kantor Presiden dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/4).

Dia juga mengatakan saat ini pemerintah mendorong sumber energi baru dan terbarukan dalam rangka menekan emisi karbon. Pemerintah pun menargetkan peningkatan penggunaan energi baru dan terbarukan sebanyak 24.000 megawatt dari total energi saat ini mencapai 10,5 gigawatt. Sehingga di 2035 diupayakan bauran bisa meningkat mencapai 38.000 megawatt.

"Di mana backbone kita harapkan dari pembangkit listrik tenaga surya yang dalam perkembangannya dari hari ke hari makin ekonomis," bebernya.

Tidak hanya itu, Menteri Arifin pun mengatakan pemerintah akan menyelesaikan infrastruktur energi seperti gas dan batubara. Kemudian, DEN juga ingin listrik masuk di seluruh Indonesia.

"Demikian juga untuk bahan bakar minyak dengan program BBM 1 harga ini ke depannya kita harapkan bisa dinikmati oleh masyarakat," ungkapnya.

Baca Selanjutnya: Pemerintah Targetkan Setop Impor BBM...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini