Demo Mahasiswa di Gedung DPR Dinilai Ganggu Perdagangan Pasar Modal

Selasa, 24 September 2019 16:49 Reporter : Merdeka
Demo Mahasiswa di Gedung DPR Dinilai Ganggu Perdagangan Pasar Modal Demo Mahasiswa. ©2019 Merdeka.com/Ahdania Kirana/Magang

Merdeka.com - Aksi demontrasi terjadi di beberapa daerah pada dua hari ini. Aksi demo mahasiswa ini untuk menolak Revisi UU KPK dan RUU KUHP.

Analis PT KGI Sekuritas Yuganur Wijanarko mengatakan aksi demo mahasiswa berdampak besar pada kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG).

Siang ini saja, performa IHSG tercatat paling parah se-Asia di mana indeks berada di zona merah dengan posisi 6.131 pada 30 menit sebelum jeda siang. IHSG terus merosot sejak pembukaan pagi tadi, turun 74,615 poin atau 1,20 persen.

Yuganur melanjutkan, demo hari ini akan menjadi penentu bagi pergerakan indeks di perdagangan besok di bursa saham. Pihaknya berharap demo tak berakhir semakin parah. "Yang bikin turun (IHSG) sih demonya sebenarnya. IHSG besok bisa rebound lagi kalau tidak ada apa-apa hari ini," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (24/9).

"Kami memprediksi IHSG hari ini akan berada di kisaran 6.100-6.200," lanjutnya.

Bahkan investor asing, menurut dia, menyesalkan terkait keputusan revisi UU Nomor 32 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) yang disahkan DPR pekan lalu. "Soalnya secara politik terlihat agak jelek UU KPK di mata investor," tuturnya.

PT Ashmore Asset Management Indonesia pun senada. Stabilitas politik hingga demo mahasiswa menjadi penyebab IHSG tertekan pada hari ini. Jika melihat regional, bursa saham di beberapa negara lain mengalami kenaikan.

Baca Selanjutnya: Paksa Masuk Gedung DPR Mahasiswa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini