Debat pilpres, Hatta sebut pangan adalah persoalan HAM

Sabtu, 5 Juli 2014 21:23 Reporter : Efendi Ari Wibowo
Debat pilpres, Hatta sebut pangan adalah persoalan HAM Debat Cawapres 2014. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Debat terakhir calon presiden dan wakil presiden Indonesia kembali digelar. Dalam pembukaan acara, kedua calon wakil presiden diberi waktu untuk menyampaikan visi dan misinya mengenai pangan, energi dan lingkungan hidup yang merupakan topik debat malam ini.

Calon wakil presiden nomor urut satu Hatta Rajasa menyebutkan pangan merupakan hak azasi manusia yang dilindungi undang-undang. Pemerintah wajib memenuhi kebutuhan masyarakat akan pangan. Setidaknya, jika terpilih nantinya, Hatta mempunyai lima visi mengenai pangan ini.

"Kita berkomitmen dalam ketahanan pangan, keamanan pangan, ke arah sasaran kebijakan pangan yang tepat. Pertama adalah kita akan menyediakan pangan kecukupan, kedua pangan harus terjangkau oleh seluruh masyarakat, ketiga mengembangkan diversifikasi pangan, keempat adalah upaya kita untuk meningkatkan kualitas pangan dan gizi masyarakat dan yang kelima adalah mitigasi agar tidak ada kerusakan pangan," ucap Hatta dalam debat capres-cawapres di Gedung Bidakara, Jakarta, Sabtu (5/11).

Selanjutnya dalam bidang energi, Hatta berjanji akan meningkatkan produksi migas, mengurangi impor, melakukan penghematan serta melakukan diversifikasi energi dengan adanya energi baru dan terbarukan.

Dalam konsep lingkungan, Hatta menyebut akan fokus dalam mengatasi global climate change dengan memelihara konservasi agar ekosistem terpelihara. Selanjutnya mantan menko perekonomian ini berjanji akan meningkatkan kualitas air, udara dan tanah yang bersih di Indonesia.

"Selanjutnya kita berupaya agar prinsip dasar konsensus development menjadi konsep pasca milenium gold. Lingkungan hidup bukanlah sebuah warisan tapi titipan untuk generasi ke depan harus kita pelihara, jaga tingkatkan kualitas hidupnya," tutupnya. [ren]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini