Dashboard Jaipong Diyakini Mampu Beri Kemudahan Berusaha dan Tingkatkan Ekspor

Rabu, 14 Oktober 2020 16:43 Reporter : Dwi Aditya Putra
Dashboard Jaipong Diyakini Mampu Beri Kemudahan Berusaha dan Tingkatkan Ekspor investasi. shutterstock

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia meluncurkan platform dashboard ekonomi antara KBRI Tokyo dengan Bank Indoensia, Kementerian Perdagangan dan BKPM yang bernama Japan-Indonesia Partnership Lounge atau Jaipong. Platform ini akan menyajikan informasi komprehensif terkait peluang kerjasama ekonomi bilateral antara Indonesia dan Jepang.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengatakan, peluncuran dashboard Jaipong ini merupakan upaya serius untuk menjembatani info terkini mengenai perbaikan-perbaikan yang telah dilakukan pemerintah Indonesia dalam hal kemudahan berusaha. Apalagi selama ini, perbaikan kemudahan berusaha terbatas dengan hanya kemudahan perizinan dan non perizinan.

"BKPM memastikan komitmen kuat untuk ketersediaan infrastruktur untuk yang ingin merelokasi pabriknya dan mengawal investasi secara end to end. Saya menyambut baik ada dashboard Jepang yang merupakan inovasi digital untuk menjembatani investasi dan pusat informasi kerjasama Indonesia dan Jepang. Yakin dan percaya. Kita menunggu investasi Anda di Indonesia," kata dia dalam sambutannya, Rabu (14/10).

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto mengatakan, peluncuran dashboard ekonomi Jepang Indonesia Partnership Lounge (Jaipong) juga dapat mengatasi persoalan kinerja sektor perdagangan pasca pandemi covid-19.

Dia mengatakan, dengan mengkombinasikan kegiatan perdagangan berbasis digital dapat berkontribusi terhadap peningkatan kinerja ekspor dalam negeri. Oleh karena itu, dia mendukung berbagai langkah kreatif yang dipadukan dengan teknolog digital.

"Dengan mempercepat adopsi teknologi dan layanan digital, Kementerian Perdagangan terus mendukung terciptanya kegiatan perdagangan berbasis digital," ujarnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini