Darmin Soal Target Investasi 7 Persen di 2020: Ekonomi Kita Besar, Tak Perlu Risau

Selasa, 25 Juni 2019 15:41 Reporter : Dwi Aditya Putra
Darmin Soal Target Investasi 7 Persen di 2020: Ekonomi Kita Besar, Tak Perlu Risau Menko Darmin Nasution. ©Humas Kemenko Perekonomian

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengaku tidak khawatir dengan target investasi yang dipatok pemerintah sebesar 7-7,5 persen di 2020. Sebab, dengan berbagai kebijakan insentif yang diberikan pemerintah maka bukan tidak mungkin target tersebut bisa tercapai.

"Ekonomi kita itu masuk di antara 5 ekonomi dunia paling banyak menyerap investasi jangan terlalu risau," katanya saat ditemui di Gedung DPRI Jakarta, Selasa (26/6).

Menko Darmin mengatakan, pemerintah sendiri saat ini sudah menggulirkan kebijakan insentif seperti tax holiday. Kebijakan tersebut dilakukan untuk menarik investor masuk di bidang industri hulu seperti baja dan petrokimia.

"Jadi kita sudah bikin kebijakannya bahwa realisasi lumayan banyak tax holiday itu yang sudah mendapat sekarang ada 25 investasi," katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong optimis pertumbuhan investasi asing dan domestik bakal moncer dan menyentuh double digit untuk keseluruhan tahun 2019. Hal tersebut didorong oleh relokasi bisnis akibat perang dagang.

"Prediksi saya untuk full year 2019 PMA dan PMDN kembali ke double digit. Termasuk juga PMA. Saya cukup percaya diri jadi itu satu aspek positif ekonomi sementara ini," kata Thomas di Jakarta, Selasa (18/6).

Karena itu, Indonesia perlu menjaga kinerja perekonomiannya agar dapat menarik investasi masuk. Dia menyebut sejumlah aspek harus diperhatikan dari perekonomian domestik, seperti konsumsi dan ekspor.

"Kita yang tentu harus kita jaga habis-habisan seperti kita lihat kemarin konsumsi masih agak lemah. Sementara ekspor masih agak sulit. Meskipun di situ saya juga lihat potensi dari perang dagang. Ekspor kita bisa kembali meningkat karena relokasi produksi dan relokasi order ke Indonesia. Prospeknya cukup baik," imbuhnya. [azz]

Baca juga:
BEI: Mayoritas Investor Pasar Modal Adalah Milenial
Bank Indonesia Catat Rp130 T Dana Asing Masuk Sejak Awal 2019, Terbesar ke SBN
Menperin: Investasi 6 Perusahaan di Karawang New Industry City Capai USD 100 Juta
Gelar SEPMT 2019, OJK Incar Peningkatan Investor Pasar Modal di Jawa Barat
The Fed Tahan Suku Bunga, Dana Asing Masuk RI dan Dorong IHSG ke Zona Hijau
Keberadaan Tol Pandaan-Malang Dorong Iklim Investasi Properti Kota Malang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini