Dampak Virus Corona ke Ekonomi Dunia, Perusahaan Besar Sampai Tak Beroperasi

Senin, 2 Maret 2020 06:00 Reporter : Merdeka
Dampak Virus Corona ke Ekonomi Dunia, Perusahaan Besar Sampai Tak Beroperasi antisipasi virus corona. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Wabah virus corona yang muncul mulai awal tahun ini terus meluas di banyak negara. Bahkan virus corona menginfeksi puluhan ribu orang di hampir seluruh negara di dunia. Tercatat, lebih dari 80.000 korban terinfeksi corona, termasuk para pejabat negara. Mereka kemudian di karantina untuk mencegah penyebaran virus dan pemulihan.

Virus corona tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, namun juga ke perekonomian global. Setelah merebaknya virus corona, banyak industri yang memilih untuk tutup sementara, guna meminimalisir penularan virus, dan meminimalisir kerugian.

Dilansir pada laman CNBC, dampak virus corona cukup mengerikan ke sektor ekonomi. Bahkan, perusahaan besar harus menutup sementara usaha mereka.

Berikut detailnya.

1 dari 4 halaman

Hyundai Motor, Korea Selatan

korea selatan rev1

Industri otomotif, Hyundai motor memilih untuk menutup sementara industrinya di kota Ulsan, Korsel setelah seorang pekerja dinyatakan positif terkena virus corona.

Hyundai yang beroperasi di Korsel ini memiliki lima pabrik mobil di Uslan, dan menyumbang hampir 30 persen dari produksi globalnya. Ulsan berjarak kurang dari satu jam dari tempat lacakan kasus corona, yaitu Daegu

Pada Jumat, (27/2) kasus di Korsel terus melonjak, meningkat sampai 2.000 kasus. Saat ini, saham Hyundai Motor mengalami penurunan sampai 5 persen.

2 dari 4 halaman

Korean Air Ketatkan Peraturan Penerbangan

ketatkan peraturan penerbangan rev1

Guna meminimalisir dampak buruk dari keselamatan saat melakukan penerbangan, maskapai Korean Air melarang penumpang yang memiliki suhu lebih dari 37,5 derajat celcius untuk terbang ke Amerika Serikat (AS).

Juru bicara Korean Air mengatakan, semua penerbangan yang berangkat dari Bandara Internasional Incheon Seoul ke AS, saat ini sebelum penerbangan akan diminta untuk memeriksa suhu penumpang.

"Penumpang dengan suhu lebih tinggi dari 37,5 derajat celcius yang menjadi salah satu penyebab COVID-19 (virus corona) akan ditolak naik," papar juru bicara Korean Air.

3 dari 4 halaman

Malaysia Umumkan Stimulus USD 4,7 miliar

stimulus usd 47 miliar rev1

Perdana Menteri (PM) sementara Malaysia, Mahathir Mohamad mengatakan bahwa paket stimulus sebesar USD 4,7 miliar digunakan untuk melawan pukulan ekonomi pasca dampak buruk virus corona menyerang Malaysia.

Langkah-langkah yang diumumkan di antaranya keringanan pajak, dan keringanan perusahaan-perusahaan di sektor yang mengalami kerugian, seperti pariwisata, pinjaman untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta pemberian uang tunai kepada perorangan.

Mahathir mengatakan, ekonomi Asia Tenggara di tengah gejolak politik diperkirakan akan tumbuh pada kecepatan yang lebih lambat di tahun ini. "Turun dari perkiraan pemerintah sebelumnya, sebesar 4,8 persen," kata Mahathir beberapa waktu lalu.

Untuk penularan kasus virus Corona, Malaysia melaporkan setidaknya ada 23 kasus, 22 di antaranya telah dikeluarkan dari rumah sakit.

4 dari 4 halaman

Disney Tutup Pada 29 Februari Hingga 15 Maret

pada 29 februari hingga 15 maret rev1

Selain itu, Operator Tokyo Disney Resort OLC Group mengatakan, tutupnya taman Rekreasi itu sudah melewati perhitungan risiko infeksi dari acara-acara publik, yang sukses menarik banyak orang.

Pengumuman ini muncul pada Kamis, setelah Jepang menangguhkan semua sekolah dasar (SD), menengah dan menengah atas, sejak 2 Maret hingga liburan musim semi.

Reporter Magang : Nurul Fajriyah [idr]

Baca juga:
Kemampuan Deteksi Virus Corona Lembaga Penelitian di Indonesia Berbeda-beda
Pabrik Masker Ilegal Digerebek Polisi Datangkan Mesin & Bahan Produksi dari China
Akan Tiba di Kertajati, 68 WNI ABK Diamond Princess Segera Dilayarkan ke Sebaru Kecil
Trump Sebut Virus Corona Hoaks dari Lawan Politik
Politikus PKS Pertanyakan Transparansi Virus Corona di Indonesia
Tantangan dan Kesempatan Ekonomi Indonesia Hadapi Wabah Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini