Dampak Rusuh di Papua, Kementerian PUPR Belum Terima Laporan Kerusakan Infrastruktur

Selasa, 20 Agustus 2019 15:23 Reporter : Merdeka
Dampak Rusuh di Papua, Kementerian PUPR Belum Terima Laporan Kerusakan Infrastruktur kerusuhan di papua. ©2019 AFP Photo/STR

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan sejauh ini belum ada laporan kerusakan infrastruktur akibat kerusuhan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Jika terdapat informasi terbaru, pihaknya berjanji akan menginfokan ke masyarakat.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto, mengatakan pihaknya belum menerima satupun konfirmasi adanya tindak pengrusakan. Baik pada infrastruktur jalan maupun bangunan di sana.

"Sampai saat ini kami belum mendapat informasi adanya kerusakan infrastruktur dari pihak setempat," ujar Sugiyartanto saat dihubungi Liputan6.com, kemarin.

Berdasarkan hasil laporan warga, aksi kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Manokwari dan Jayapura yang melebar hingga ke Kota Sorong turut melumpuhkan sebagian wilayah. Seperti yang terjadi di Kota Sorong, di mana sejumlah akses jalan utama di sana seperti Jalan Basuki Rahmat, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Baru ditutup lantaran kericuhan tersebut.

Tak hanya itu, massa aksi kemudian juga mencoba merusak sejumlah fasilitas umum di sepanjang ruas jalan kota, hingga masuk ke kawasan Bandara Sorong dan melempar sejumlah fasilitas di sana dengan batu.

Namun begitu, Sugiyartanto menyerukan, Kementerian PUPR tetap belum menerima laporan akan adanya tindak pengrusakan tersebut. Jika benar ada, dia mengutarakan bahwa pihak Balai Bina Marga setempat nanti pasti akan menyampaikannya.

"Saya belum dapat laporan dari Kepala Balai (Bina Marga) di sana (Papua). Kalau pun ada, nanti mereka yang pasti akan menyebarkan informasinya kepada publik," tukas dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini