Dampak Kebakaran Gedung Cyber, Layanan ShopeePay Alami Gangguan

Kamis, 2 Desember 2021 19:30 Reporter : Idris Rusadi Putra
Dampak Kebakaran Gedung Cyber, Layanan ShopeePay Alami Gangguan shopee. Nurul Fajriyah ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kebakaran terjadi di Gedung Cyber, Jalan Kuningan Jakarta Selatan tak hanya berdampak pada sejumlah aplikasi broker saham. Kebakaran tersebut juga berdampak pada layanan e-commerce, Shopee.

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Dari menjelaskan, dikarenakan kebakaran di Gedung Cyber, layanan ShopeePay mengalami gangguan.

"Namun, para pengguna dan merchant tidak perlu khawatir, transaksi menggunakan ShopeePay akan dapat segera dilakukan kembali. Semua data dan akun juga dalam kondisi yang aman," jelas Eka Nilam dikutip keterangannya di Jakarta, Kamis (2/12).

Sebelumnya, aplikasi broker saham juga merasakan dampak kebakaran Gedung Cyber. Berdasarkan data yang dihimpun Liputan6.com, setidaknya ada tiga broker yang mengkonfirmasi gangguan tersebut yakni Indo Premier Sekuritas, Ajaib, dan Korea Investment & Securities.

"Saat ini kami sedang menghadapi situasi force majeure di mana data center kami di Gedung Cyber Mampang mengalami kebakaran yang mengakibatkan jaringan data beberapa sekuritas, termasuk IPOT, terganggu dan belum dapat digunakan untuk sementara waktu," demikian dikutip dari laman instagram @indopremier.

Saat dikonfirmasi mengenai hal itu, Direktur Utama PT Indo Premier Sekuritas Moelonoto The membenarkan mengenai hal tersebut. "Iya. Kita termasuk salah satu broker yang kena musibah itu. Tapi sudah normal," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Dia mengatakan, sistem sudah berjalan normal. "Tapi sudah normal. Baru normal 15 menit lalu," kata dia. Moelonoto menuturkan, pada saat kebakaran memang data tidak bisa diakses saja.

Sementara itu, dalam akun Instagram Ajaib juga mengumumkan insiden kebakaran dan kemungkinan terjadi gangguan. "Mohon perhatian. Data center mengalami insiden kebakaran, sementara akan terjadi gangguan dalam bertransaksi,” demikian dikutip dari fitur story pada laman instagram @ajaib_investasi.

"Saat ini pada Kamis, 2 Desember 2021, KISI MObile sedang dalam gangguan dikarenakan terjadinya kebakaran di tempat penyimpanan server Perusahaan di Gedung Cyber Park. Kami akan segera menginformasikan bilamana ada perkembangan,” demikian dikutip dari laman instagram @koreainvestment.id. [idr]

Baca juga:
Kebakaran Gedung Cyber, Petugas Cek Ruang Server yang Terbakar
Petugas Damkar: Korban Kebakaran Gedung Cyber Terjebak 20 Menit
Korban Tewas Kebakaran Gedung Cyber 1 Bertambah Jadi Dua Orang
Dugaan Penyebab Gedung Cyber Kebakaran
Kepanikan Karyawan Gedung Cyber saat Terjadi Kebakaran
Kronologi Kebakaran Gedung Cyber Jaksel
Cerita Petugas Damkar Evakuasi Korban Kebakaran Gedung Cyber

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini