Dampak gangguan satelit Telkom, penarikan ATM gratis hingga biaya Rp 70 M

Selasa, 29 Agustus 2017 06:00 Reporter : Idris Rusadi Putra
Dampak gangguan satelit Telkom, penarikan ATM gratis hingga biaya Rp 70 M ATM . Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Perusahaan telekomunikasi Telkom mengakui ada masalah dengan satelit Telkom 1 sejak Jumat sore (25/8) yang berpengaruh ke layanan yang dipakai konsumen. Salah satu dampaknya, beberapa atm milik perbankan dalam negeri mati alias offline.

Gangguan mulai terjadi pada Jumat (25/08) sekitar pukul 16.51 WIB. Saat itu, terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1 sehingga layanan transponder satelit Telkom 1 terganggu.

Guna mengantisipasi masalah, Direktur Utama PT Telkom Indonesia, Alex Sinaga tengah melakukan proses migrasi pelanggan pasca gangguan yang dialami Satelit Telkom 1 akibat anomali pada satelit tersebut.

Tercatat jumlah pelanggan sebanyak 63 pelanggan, 8 di antaranya merupakan provider VSAT yang memiliki 12.030 site sehingga total ground segment sekitar 15.000 site.

"Kita memaksimalkan proses migrasi pelanggan Telkom 1 ke satelit Telkom 2, satelit Telkom 3S dan satelit lainnya. Upaya tersebut dilakukan Telkom demi mempercepat pemulihan layanan kepada pelanggan dan masyarakat," ungkapnya di Graha Merah Putih, Jakarta Selatan, Senin (28/8).

Dia menjelaskan bahwa upaya perbaikan dan penanganan telah dilakukan sejak tanggal 26 Agustus yang direncanakan akan selesai pada tanggal 30 Agustus nanti.

"Sedangkan proses repointing antena ground segment akan dilakukan bertahap, secara bersama sama baik dengan pelanggan maupun dengan operator penyedia layanan VSAT, kita lakukan hingga 10 September 2017," katanya.

Pihak Telkom pun telah bekerja sama secara intensif Telkom bersama Lockheed Martin selaku pabrikan satelit Telkom 1 terus melakukan investigasi, di mana saat ini sedang menjalankan prosedur prosedur untuk mengetahui kesehatan satelit Telkom 1 secara komprehensif.

Namun demikian, dampak dari gangguan Telkom ini tak bisa dihindari. Berikut rincian dampak gangguan Telkom seperti dirangkum merdeka.com.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini