Dalam Waktu Dekat, RI-Jepang Bakal Teken MoU Proyek Sedang Jakarta-Surabaya

Selasa, 3 September 2019 17:46 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Dalam Waktu Dekat, RI-Jepang Bakal Teken MoU Proyek Sedang Jakarta-Surabaya Budi Karya Sumadi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia dan Jepang akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan pihak Jepang terkait proyek kereta api sedang Jakarta-Surabaya pertengahan bula ini. Setelah tanda tangan MoU tersebut, Jepang akan melakukan feasibility studi (FS) alias studi kelayakan resmi.

"Kita akan MoU dalam satu-dua Minggu ini dimulai dengan dilakukan FS. FS itu sebenarnya sudah mulai Jepang, tapi formalnya baru dilakukan setelah ini," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (3/9).

Budi mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat dengan Wakil Presiden pada Kamis, pekan ini, soal penjadwalan MoU tersebut. "Kamis ini kami akan rapat di Wapres untuk membahas mengenai time table, scope, segala sesuatu yang memperjelas program ini," kata Budi.

Meski demikian, pihak Jepang meminta waktu dua tahun untuk studi banding dan pembebasan tanah. Namun, pemerintah meminta agar waktunya lebih dipersingkat waktunya, kalau bisa menjadi satu tahun.

"Mereka minta pembebasan tanah sama FS tuh dua tahun. Kita minta lebih pendek. Kalau bisa satu tahun," ungkap Budi.

Terkait kabar yang beredar soal minat China menggarap proyek tersebut, Budi mengatakan, sejauh ini Indonesia telah berproses dengan pihak Jepang. Karena itu tentu kerja sama dengan Jepang harus terus berjalan.

"Tapi saya nyatakan bahwa Jepang ini menyediakan loan. Dia seperti apa. Kalau menurut saya, kita selesaikan dengan Jepang dulu," tandas dia. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini