Dahlan Iskan Beberkan Penyebab BUMN Indonesia Kalah dari Temasek

Senin, 18 Mei 2020 19:29 Reporter : Anggun P. Situmorang
Dahlan Iskan Beberkan Penyebab BUMN Indonesia Kalah dari Temasek Dahlan Iskan. ©2013 Merdeka.com/M. Luthfi Rahman

Merdeka.com - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan membeberkan penyebab BUMN Indonesia belum ada yang bisa menyaingi BUMN asal Singapura, Temasek. Menurutnya, hal tersebut terjadi karena Indonesia dan Singapura memiliki tatanan sistem politik yang jauh berbeda dalam mengelola BUMN.

"Dengan Temasek saya kira berbeda, mereka kan otoriter. Memang tidak bisa seperti Temasek karena kita negara demokrasi tetapi bukan berarti tidak ada jalan," ujar Dahlan dalam Video Conference di Jakarta, Senin (18/5).

Dalam pandangan Dahlan, pengaturan BUMN dengan sistem otoriter akan lebih mudah. Sebab negara memiliki kedudukan paling tinggi dan pengambil kebijakan mayoritas dalam setiap perkembangan BUMN.

"Mungkin memang tidak bisa seperti Temasek bahwa baik nggak demokrasi otoriter? Waktu itu banyak kesimpulan sebenarnya tipe masyarakat Asia ini kita butuh negara yang otoriter baik hati. Masalahnya apakah gampang kita dapat otoriter yang baik hati. Apakah ada jaminan kita dapat penguasa otoriter yang baik hati? Kalau ada rasanya itu lebih baik daripada demokrasi," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Syarat Bisa Bersaing

bersaing rev1

Meski demikian, Indonesia dinilai tetap bisa bersaing dengan Temasek asal ada pengaturan yang jelas terhadap BUMN terutama untuk 4 bidang yaitu ketahanan persenjataan, ketahanan pangan, ketahanan energi dan moneter.

"Sehingga praktis sebetulnya seluruh BUMN harus introspeksi saya masuk nggak diantara 4 ini kalau tidak masuk dalam 4 ini maka harus resmi bisnis dan laba. Kalau tidak menurut saya lepas saja ngapain diurus. Waktu saya jadi menteri ngomong gitu kita kelompokkan ini. Perusahaan saya masuk nggak diantara 4 itu kalau tidak harus berpikir ulang harus diapakan," tandasnya. [idr]

Baca juga:
Dahlan Iskan: Tak Apa Harga Harga BBM Tak Turun Asal Rakyat Diberitahu Alasannya
Sri Mulyani Beri Tambahan Modal 12 Perusahaan BUMN, Nilainya Tembus Rp149,2 Triliun
Cerita Dahlan Iskan, Dirut dan Direksi BUMN Sering Berebut Pengaruh
Global Bond BUMN Dinilai Bakal Bantu Penguatan Nilai Tukar Rupiah
Bulog Klaim Stok Gula Cukup Sampai Lebaran
Dahlan Iskan: Bank BUMN Bisa Selamatkan Ekonomi

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Dahlan Iskan
  3. BUMN
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini