KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Dahlan ingin gabungkan Rekin dengan Pertamina

Selasa, 19 Februari 2013 14:25 Reporter : Idris Rusadi Putra
Pertamina. Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan mempunyai mimpi akan menjadikan PT Rekayasa Industri (Rekin) sebagai perusahaan EPC (Engineering, Procurement and Construction) kelas dunia. Langkah untuk mencapai mimpi ini adalah dengan menggabungkan Rekin dengan Pertamina.

Rencana penggabungan sebelumnya terbentur dengan UU konstruksi. Namun Dahlan terus mencari cara lain agar proses akuisisi ini terus berjalan. Karena hanya dengan cara ini, Rekin akan menjadi perusahaan EPC kelas dunia.

"Dari sudut Pertamina, tingkat kepentingan menurun. Tapi dari kacamata negara kepentingannya tinggi. Kita harus punya perusahaan EPC kelas dunia. Calonnya yang bisa dicalonkan rekin," ucap Dahlan di Jakarta, Selasa (19/2).

Dengan bersandar bersama Pertamina, Rekin akan semakin kuat karena bisa ikut tender kelas dunia. Untuk Pertamina diyakini tidak akan mempengaruhi perusahaannya. "Mereka bisa ikut tender kelas internasional. Pertamina tetap ambil secara korporasi tidak merugikan tidak membebani," jelasnya.

Saat ini, Rekin masih berada di bawah Pupuk Indonesia. Dengan induk usaha tersebut, Rekin tidak akan bisa menjadi perusahaan kelas dunia karena sandarannya tidak kuat dan tidak fokus satu lini bisnis.

"Bagaimana cara Rekin bisa menjadi perusahaan kelas dunia dan terwujud jadi perusahaan kelas dunia. Kalau di bawah Pupuk Indonesia, tidak akan bisa karena pupuk Indonesia kurang besar dijadikan sandaran mereka," tutupnya. [rin]

Topik berita Terkait:
  1. Pertamina

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.