KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Dahlan bentuk PT Industri Nuklir Indonesia

Selasa, 11 Juni 2013 10:22 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan akan mengganti nama salah satu perusahaan pelat merah yang selama ini bergerak di bidang teknologi. PT Batan Teknologi yang biasa disebut Batan Tekno akan diganti menjadi PT Industri Nuklir Indonesia. PT Industri Nuklir Indonesia sendiri masih akan dipimpin oleh Yudhi Utomo yang saat ini menjadi dirut Batan Tekno.

"Saya tadi rapat Dirut Batan Tekno Yudhi Utomo yang namanya akan diganti menjadi PT Industri Nuklir Indonesia," ucap Dahlan dalam seminar di UNIKA Atmajaya di Jakarta, Selasa (11/6).

Dahlan menceritakan, Yudhi adalah orang satu-satunya di dunia yang bisa melakukan pengayaan uranium dengan sistem rendah. Pengayaan uranium dengan sistem rendah akan menghasilkan obat untuk bidang kedokteran yang disebut radio isotop.

"Satu-satunya ahli nuklir di dunia pengayaan uranium sistem rendah. Kalau sistem tinggi ini akan jadi senjata. Ini untuk obat kedokteran dengan nuklir. Itulah yang disebut radio isotop," jelas Dahlan.

Bisnis Batan Teknologi juga disebut sangat menjanjikan. Radio isotop yang hanya bisa diproduksi di Indonesia telah di ekspor ke sembilan negara seperti Jepang, Singapura, Tiongkok dan lain sebagainya.

"Pasar terbesar kita adalah Amerika, tapi kalau di ekspor ke Amerika tadi tidak bisa karena jauh. Saat ini sedang dirintis mendirikan pabrik di Virginia, Amerika," tutup Dahlan. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Dahlan Iskan
  2. Nuklir

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.