Daftar BUMN Punya Utang dengan Nilai Fantastis, Ada yang Tembus Rp500 Triliun

Selasa, 8 Juni 2021 07:00 Reporter : Merdeka
Daftar BUMN Punya Utang dengan Nilai Fantastis, Ada yang Tembus Rp500 Triliun Garuda Indonesia. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Perhatian masyarakat Indonesia belakangan ini tertuju pada kinerja keuangan badan usaha milik negara (BUMN). BUMN besar yang terlihat baik-baik saja ternyata memiliki utang yang nilainya fantastis.

Pemerintah kalang kabut mencari cara menyehatkan kembali perusahaan yang terlilit masalah tersebut, bahkan di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai. Jika dibiarkan, dampak terberatnya akan menyasar pekerja tingkat bawah.

Sebenarnya, BUMN mana saja yang memiliki utang fantastis ini? Berikut rangkumannya:

1. Garuda Indonesia

Maskapai nasional Garuda Indonesia tengah mengalami kesulitan keuangan imbas berbagai masalah dan dampak pandemi Covid-19. Utang perseroan hingga kini terus menumpuk mencapai Rp70 triliun, dan diperkirakan terus bertambah Rp1 triliun tiap bulannya.

Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo mengatakan, utang ini disebabkan karena biaya sewa (leasing) pesawat yang di luar batas wajar, jenis pesawat yang terlalu banyak, dan rute penerbangan yang tidak menguntungkan.

Berbagai siasat pun dilakukan untuk menyelamatkan BUMN penerbangan ini, mulai dari pensiun dini karyawan hingga penangguhan gaji komisaris.

Baca Selanjutnya: BUMN Karya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini