Cukai Rokok Berperan Tekan Ketergantungan Negara akan Utang

Rabu, 15 Desember 2021 13:26 Reporter : Dwi Aditya Putra
Cukai Rokok Berperan Tekan Ketergantungan Negara akan Utang Buruh pabrik rokok. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Dewan Pakar DPP Pemuda Tani HKTI, Ajib Hamdani menyarankan, regulasi pemerintah harus fokus dan tetap berimbang dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Di satu sisi pengumpulan uang buat negara dan disisi lain juga buat kesehatan.

Ajib melihat, dari sisi penerimaan cukai, angka yang sudah fixed dan jelas bersumber dari produk tembakau. Dana masuk dari cukai rokok ke kas negara tercatat mencapai Rp 179,83 triliun pada 2020.

"Dana cukai tembakau inilah yang ikut menopang struktur APBN dan ikut berkontribusi mengurangi ketergantungan APBN terhadap utang," ujarnya saat dihubungi merdeka.com, Rabu (15/12).

Dia menilai, tingginya biaya kesehatan disebabkan oleh perokok sangat kompleks dan masih bisa diperdebatkan. Sebab, belum tentu masalah kesehatan tersebut secara tunggal karena rokok.

"Pemerintah harus melihat dengan lebih fair. Pertama, biaya kesehatan karena rokok, masih debatable, apakah orang sakit karena merokok," kata dia.

2 dari 2 halaman

Rokok Bebankan Anggaran JKN

anggaran jkn

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, konsumsi rokok menyebabkan beban Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan biaya ekonomi yang besar. Dia mencatat, biaya kesehatan akibat merokok mencapai Rp17,9 triliun hingga Rp27,7 triliun setahun.

"Dari total biaya ini, Rp10,5 triliun hingga Rp15,6 triliun merupakan biaya perawatan yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers Kebijakan Cukai Hasil Tembakau 2022, Senin (13/12).

Artinya 20-30 persen dari subsidi Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN per tahunnya sebesar Rp48,8 triliun adalah untuk membiayai perawatan akibat rokok.

Kemudian, biaya ekonomi dari kehilangan tahun produktif dalam hal ini sangat tinggi. Penyakit yang disebabkan merokok tadi menyebabkan mereka tidak produktif dan berdasarkan survei Balitbangkes tahun 2017, diestimasi konsekuensinya sebesar Rp374 triliun di tahun 2015.

[bim]

Baca juga:
Menilik Efektivitas Kenaikan Cukai Rokok dalam Menekan Jumlah Perokok
Kenaikan Cukai Dinilai Belum Signifikan Tekan Jumlah Perokok di RI
Indonesia Disebut Rugi Rp27,7 T Akibat Rokok
Kurangi Perokok Anak, Pemerintah Diminta Larang Penjualan Rokok Ketengan
Pemerintah Disebut Bisa Menaikkan Cukai Rokok Hingga 45 Persen
Pemerintah Beri Keleluasaan Pemda Kelola Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau di 2022
Rokok Ilegal Meningkat di Indonesia Sepanjang 2020, Ini Penyebabnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini