CPNS Radikal akan Disaring Saat Seleksi Kompetensi Bidang

Senin, 4 November 2019 16:39 Reporter : Merdeka
CPNS Radikal akan Disaring Saat Seleksi Kompetensi Bidang cpns. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan menyeleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang beraliran radikal saat Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang merupakan proses lanjutan dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, proses penyaringan radikalisme pun belum tentu lewat tes tertulis, melainkan bisa lewat wawancara atau metode lain berdasarkan keputusan instansi.

"Nanti SKB dilakukan masing-masing instansi pemerintah yang dituju. Di situ silakan masing-masing itu (menyaring radikalisme) dalam tahap wawancara atau cara apapun juga," kata Setiawan di Jakarta, Senin (4/11).

"Dari masing-masing instansi nanti yang akan melihat itu semua," lanjutnya.

Dia menyebut, tes SKD akan tetap berlanjut seperti biasa dan tidak akan spesifik membahas radikalisme. Meski demikian, dia mengingatkan bahwa Tes Wawasan Kebangsaan di SKD juga bisa menguji kebangsaan CPNS.

Ketika ditanya apakah Kemenpan-RB memberikan instruksi khusus terkait cara menjadi radikalisme di SKB, Setiawan berkata masih belum ada arahan demikian.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini